Enter your keyword

Robocool 2011

Robocool 2011

Himpunan Mahasiswa Elektro – STEI ITB, pada hari Minggu, 20 Maret 2011, bertempat di Campus Center Timur, telah mengadakan acara yang bertajuk “Robocool 2011”. “Robocool 2011” adalah kegiatan pengenalan teknologi robot untuk pelajar SMA ini bertujuan menumbuhkan minat pelajar SMA pada bidang robotika dan meningkatkan kompetensi akan aplikasi dasar-dasar elektronika praktis, khususnya dalam bidang robotika. Robotika merupakan bentuk aplikasi automatisasi sistem yang mempermudah pekerjaan manusia; mengenalkan robotika kepada pelajar SMA diharapkan dapat meningkatkan kompetensi bangsa dalam bidang teknologi robotika kedepan.

Kegiatan ini berupa penjelasan singkat mengenai makna robot secara umum dan pengetahuan dasar mengenai ilmu elektronika praktis yang akan diaplikasikan untuk membuat robot line-follower sederhana yang akan dirakit pada kegiatan berikutnya. Selain bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang pembuatan robot sederhana, kegiatan pertama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekaguman pada robot dan memotivasi untuk membuat robot, serta memudahkan dalam perakitan robot sederhana pada kegiatan berikutnya.

Kegiatan perakitan ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi perakitan gear box, penyolderan bagian sensor, dan penyolderan bagian processor. Terakhir, menyatukan ketiga bagian tersebut menjadi sebuah robot line-follower.

Ketika robot telah selesai, setiap tim boleh mencobanya di track yang telah disiapkan. Jika robot belum bisa mengikuti garis, robot diperiksa kembali. Pada akhir acara, hampir seluruh tim berhasil menyelesaikan robotnya masing-masing.