Enter your keyword

Seminar Teknik Biomedika

Seminar Teknik Biomedika

Kelompok Keilmuan Teknik Biomedika STEI ITB, pada Rabu, 23 Februari 2011, telah mengadakan Seminar Teknik Biomedika dengan tema “Pengantar Teknik Biomedika & Organisasi Profesi, Anatomi & Fisiologi Bagi Sarjana Teknik, Perkembangan Terbaru dalam Proses Citra Kedokteran”. Seminar yang diadakan di ruang seminar KK Teknik Biomedika STEI ITB, Gedung Achmad Bakrie Lantai 3 ini dibawakan oleh Prof.Dr. Soegijardjo Soegijoko, Prof.Dr. Tati Latifah dan Dr.dr. Yoke S. Irawan.

Sesi pertama dibawakan oleh Prof.Soegijardjo dengan tema “Pengantar Teknik Biomedika & Organisasi Profesi”. Beliau menjelaskan bahwa Teknik Biomedika adalah merupakan bidang-bidang multidisiplin. Dengan adanya teknik biomedika bisa memproses informasi medis dan meningkatkan perawatan terhadap kesehatan masyarakat. Teknik Biomedika juga bisa diterapkan untuk prosedur medis.

Sesi kedua dibawakan oleh Dr.dr. Yoke S. Irawan dengan tema “Anatomi & Fisiologi Manusia bagi Sarjana Teknik”. Beliau menjelaskan tentang definisi anatomi. Anatomi adalah cabang dari biologi dan kedokteran yang merupakan pertimbangan struktur makhluk hidup. Ini adalah istilah umum yang meliputi anatomi manusia, anatomi hewan (zootomy) dan anatomi tumbuhan (phytotomy). Anatomy juga mempelajari tentang struktur internal dan eksternal tubuh dan hubungan fisik antara bagian-bagiannya.

Sesi terkahir pada seminar ini dibawakan oleh Prof.Dr. Tati Latifah dengan tema “Perkembangan Terbaru dalam Pemrosesan Citra”. Beliau menjelaskan tentang teknologi pencitraan. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat melihat benda-benda yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Hal-hal yang berkaitan dengan teknologi pencitraan adalah x-ray & CT (pengionan), MRI (Magnetic Resonance Imaging), PET/SPECT (emission), ultrasound (sound waves).

Seminar yang dihadiri oleh sekitar 20 mahasiswa ini dikahiri dengan sesi tanya jawab.

More picture here