Enter your keyword

Zona Integritas

Maklumat Pelayanan Publik

“Kami Sivitas Akademika Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dengan ini menyatakan kesanggupan menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Bandung, 5 Juli 2021
Dekan,Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T.

Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan dan sumber daya manusia aparatur. Melalui reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien.

Percepatan Reformasi Birokrasi dihadapkan pada tantangan luasnya wilayah Indonesia, banyaknya unit kerja dan beragamnya jenis pelayanan. Untuk itu dibutuhkan strategi percepatan Reformasi Birokrasi yang masif dan memiliki dampak yang lansung dapat dirasakan oleh masyarakat.

Zona Integritas (ZI) adalah strategi percepatan Reformasi Birokrasi melalui pembangunan unit kerja pelayanan percontohan (role model) yang bebas dari korupsi (WBK) dan pelayanan yang prima (WBBM). Fokus pembangunan ZI adalah pada unit kerja yang mampu membangun budaya anti korupsi dan memberikan pelayanan prima sehingga dampaknya dapat dirasaakan langsung oleh masyarakat.

ZI WBK – STEI

Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah

I.  PEMENUHAN
     1. Manajemen Perubahan

             i. Penyusunan Tim Kerja
             ii. Rencana Pembangunan Zona Integritas
             iii. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
             iv. Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja

     2. Penataan Tata laksana

              i. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama
              ii. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
              iii. Keterbukaan Informasi Publik

     3. Penataan Sistem Manajemen SDM

               i. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi
               ii. Pola Mutasi Internal
               iii. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
               iv. Penetapan Kinerja Individu
               v. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
               vi. Sistem Informasi Kepegawaian

     4. Penguatan Akuntabilitas

               i. Keterlibatan Pimpinan
               ii. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

     5. Penguatan Pengawasan

               i. Pengendalian Gratifikasi
               ii. Penerapan SPIP
               iii. Pengaduan Masyarakat
               iv. Whistle-Blowing System
               v. Penanganan Benturan Kepentingan

     6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

               i. Standar Pelayanan
               ii. Budaya pelayanan Prima
               iii. Pengelolaan Pengaduan
               iv. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
               v. Pemanfaatan Teknologi Informasi

II.  REFORM
     1. Manajemen Perubahan

               i. Komitmen dalam Perubahan
               ii. Komitmen Pimpinan
               iii. Membangun Budaya Kerja

     2. Penataan Tata laksana

               i. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan
               ii. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi
               iii. Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat

     3. Penataan Sistem Manajemen SDMM

              i. Kinerja Individu
              ii. Assessment Pegawai
              iii. Pelanggaran Disiplin Pegawai

     4. Penguatan Akuntabilitas

              i. Meningkatnya capaian kinerja unit kerja
              ii. Pemberian Reward and Punishment
              iii. Kerangka Logis Kinerja

     5. Penguatan Pengawasan

              i. Mekanisme Pengendalian
              ii. Penanganan Pengaduan Masyarakat
              iii. Whistle-Blowing System

     6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

              i. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik
              ii. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi

A. Penandatanganan Dokumen Pakta Integritas
B. Pencanangan Pembangunan Zona Integritas
C. Proses Pembangunan Zona Integritas di ITB:

  1. Penerapan Program Pencegahan Korupsi
  2. Peran Satuan Pengawas Internal (SPI) dalam Pembangunan Zona Integritas
  3. Unit Pembangun Integritas (UPbI)
 Zona Intergitas – Wilayah Bebas dari Korupsi
Testimoni Zona Integritas
Penghargaan Dosen dan Tendik