Sarjana Teknik Tenaga Listrik

Program studi teknik tenaga listrik memberikan edukasi dalam bidang pembangkitan, perngiriman, dan penggunaan energi listrik. Program ini memberikan mahasiswa pengetahuan dasar dan prinsipil dalam bidang teknik tenaga listrik, bersama dengan pengetahuan yang diperlukan dalam bidang matematika, sains, komputasi, dan dasar-dasar ilmu teknik.

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk merumuskan, menganalisis, dan memecahkan masalah kompleks, serta merancang produk atau sistem berdasarkan masalah nyata, terutama dalam bidang teknik tenaga listrik.

Program ini memberikan keluasan dan kedalaman ilmu yang cukup untuk keberhasilan studi pascasarjana, master maupun doktoral. Program ini juga memberikan kesempatan untuk pembelajaran seumur hidup; kemampuan dasar untuk berperan dalam mengembangkan bidang teknik tenaga listrik dan industri lain yang berhubungan, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Tidak hanya itu, program teknik tenaga listrik juga memberikan apresiasi untuk masalah-masalah yang timbul dalam praktik profesional, termasuk kerja tim, kepemimpinan, keamanan, etika, pelayanan, ekonomi, kesadaran lingkungan, dan organisasi profesional.

Tinjauan Objektif Pendidikan

  1. Lulusan memiliki karir yang sukses dalam profesinya, terutama di bidang teknik tenaga listrik.
  2. Lulusan dapat melanjutkan pendidikan tinggi atau melanjutkan pengembangan karir di bidang profesional.
  3. Lulusan memilik kepemimpinan aktif dan menjadi pionir dalam melayani komunitas masyarakatnya.

Lulusan yang Diharapkan

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, sains, dan teknik
  2. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, serta menganalisis dan menafsirkannya.
  3. Kemampuan untuk merancang sistem, komponen, atau proses untuk memunuhi kebutuhan yang diinginkan dalam batasan yang realistis, seperti: ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, kemampuan manufaktur.
  4. Kemampuan untuk berfungsi dalam bidang multidisiplin
  5. Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah-masalah dalam bidang teknik
  6. Pemahaman dalam etika profesional
  7. Kemampuan untuk berkomunikasi
  8. Terdidik untuk memahami dampak dari solusi bidang teknik secara global, ekonomi, lingkungan, dan sosial.
  9. Pengakuan kebutuhan untuk terlibat dalam pembelajaran seumur hidup (lifelong learning)
  10. Pemahaman dalam pengetahuan kontemporer
  11. Kemampun untuk menggunakan teknik, keterampilan, dan alat-alat teknik modern yang diperlukan untuk praktik dalam bidang teknik, terutama bidang teknik tenaga listrik.

Prospek Karir

Lulusan dari Program Studi Teknik Tenaga Listrik akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir profesional sebagai insinyur perencanaan sistem tenaga pembangkit listrik, insinyur sistem operasi dan pemeliharaan, manajemen utilitas listrik, insinyur desain, insinyur pemasaran dalam bidang teknik tenaga listrik, pendidik dalam bidang teknik tenaga listrik, dan pelatih profesional dalam berbagai organisasi dan perusahaan.

Lembaga atau perusahaan ini meliputi: Perusahaan utilitas listrik (PT PLN persero, atau perusahaan sejenis lainnya di luar negeri), perusahaan pembangkit listrik, perusahaan transmisi tenaga, perusahaan distribusi tenaga dan rite, otoritas pasar tenaga listrik (pemerintah), industri yang memiliki jaringan listrik seperti perusahaan minyak dan pertambangan swasta maupun pemerintah, jasa aplikasi, jasa konsultasi, kontraktor besar, lembaga penelitian dan pengembangan, institusi pendidikan tinggi dan penyedia pelatihan, serta industri dan institusi terkait lainnya.

kunjungi laman kami di http://epe.stei.itb.ac.id