Sarjana Informatika

Informatika/Program Ilmu Komputer memberikan pendidikan dalam bidang landasan teoritis informasi dan komputasi, serta teknik praktis untuk aplikasinya dalam sistem komputer.
Mahasiswa dalam program studi Informatika/Ilmu Komputer juga akan mempelajari berbagai topik ilmu komputer seperti algoritme dan struktur data, teori komputasi, bahasa pemrograman, pencarian database dan informasi, sistem operasi, kecerdasan buatan, visi komputer, jaringan komputer, rekayasa perangkat lunak, keamanan komputer dan kriptografi, pembelajaran mesin, sistem terdistribusi, grafis komputer dan visualisasi, serta berbagai bidang menarik lainnya.
Kurikulum dalam program ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki bidang komputer yang berkembang pesat serta pasar kerja yang kompetitif. Pengembangan kurikulumnya didasarkan pada rekomendasi kurikulum dan mata kuliah oleh Institute of Electrical and Electronic Engineer Computer Society and the Association for Computing Machinery.

Tujuan Objektif Pendidikan

  1. Lulusan memiliki karir yang sukses dan menjadi profesional produktif dalam bidang keahliannya.
  2. Lulusan memiliki kemampuan untuk masuk dan menyelesaikan pendidikan mereka hingga lulus.
  3. Lulusan dapat berkembang secara profesional melalui pembelajaran seumur hidup dan memiliki peran aktif dalam pengembangan alat, teknologi, dan metodologi baru.

Hasil

  1. Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan komputasi dan matematika yang sesuai dengan masalah.
  2. Kemampuan untuk menganalisis suatu masalah, mengidentifikasi, dan menentukan kebutuhan komputasi sesuai dengan solusinya.
  3. Kemampuan untuk merancang, menerapkan, dan mengevaluasi sistem berbasis komputer, proses, komponen, atau program untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  4. Kemampuan untuk berfungsi secara efektif dalam tim untuk mencapai kesamaan persepsi.
  5. Pemahaman tentang tanggung jawab profesional, hukum, etika, keamanan dan sosial
  6. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan khalayak
  7. Kemampuan untuk menganalisis dampak lokal dan global dari komputasi pada individu, organisasi, dan masyarakat
  8. Pengakuan akan kebutuhan dan kemampuan untuk terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan
  9. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keterampilan, dan alat terkini yang diperlukan untuk praktek dalam bidang komputasi
  10. Kemampuan untuk menggunakan dasar-dasar matematis, prinsip algoritmik, dan teori ilmu komputer dalam pemodelan dan perancangan sistem berbasis komputer dengan cara yang menunjukkan pemahaman tentang ilmu-ilmu yang terlibat dalam pemilihan desain.
  11. Kemampuan untuk menerapkan prinsip desain dan pengembangan dalam pembangunan sistem perangkat lunak dengan kompleksitas yang bervariasi.

Prospek Karir

Pekerjaan untuk lulusan Informatika/Program Ilmu Komputer umumnya terbagi ke dalam tiga jalur:

Merancang dan membangun perangkat lunak, mengacu pada pengembangan perangkat lunak seperti pengembangan aplikasi berbasis web, aplikasi mobile, masalah keamanan, desain antarmuka, dan sebagainya. Jalur karir di bidang ini mewakili sebagian besar pekerjaan di bidang Informatika dan Ilmu Komputer. banyak perusahaan perangkat lunak dan jasa komputer besar atau kecil, serta organisasi besar dari berbagai bidang seperti pemerintahan, perbankan industri, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya, menawarkan karir di jalur ini.

Merancang cara baru dan lebih baik untuk menggunakan komputer, yang mengacu pada peningkatan dan inovasi dalam penerapan teknologi komputer. Jalur karir ini dapat memerlukan gelar pascasarjana lanjutan, diikuti dengan posisi di dalam universitas riset atau laboratorium penelitian dan pengembangan industri. Hal ini juga dapat melibatkan aktivitas kewirausahaan seperti mendirikan perusahaan rintisan (start-up) berteknologi tinggi.
Mengembangkan cara-cara efektif untuk memecahkan masalah komputasi. Jalur ini mengacu pada pengembangan teori dan algoritma untuk memastikan solusi terbaik dari masalah komputasi intensif seperti mencari informasi dari miliaran dokumen web, memproses jutaan permintaan secara bersamaan, memberikan pendekatan baru pada masalah keamanan, dan lain-lain. Jalur karir ini biasanya memerlukan gelar pascasarjana hingga tingkat doktor, diikuti dengan posisi di dalam universitas riset atau laboratorium penelitian dan pengembangan industri.
Beberapa contoh judul pekerjaan meliputi:
  1. Software Engineer, mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai macam industri.
  2. System Analyst & System Integrator, melakukan analisis sistem dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan untuk menyediakan perangkat lunak berbasis komputer.
  3. Konsultan IT terpadu, untuk merencanakan dan mengevaluasi Teknologi Informasi.
  4. Database Engineer / Database Administrator, untuk merencanakan dan memelihara database (termasuk data warehouse).
  5. Web Engineer / Web Administrator, untuk merencanakan, mengembangkan, dan memelihara website.
  6. Computer Network / Data Communication Engineer, merancang arsitektur jaringan komputer, termasuk perawatan dan manajemennya di perusahaan atau organisasi.
  7. Programmer, baik sebagai programmer sistem atau pengembang aplikasi, posisi ini memiliki permintaan yang tinggi dalam berbagai bidang seiring dengan berkembangnya teknologi.
  8. Software Tester, untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa perangkat lunak berjalan dengan benar sesuai dengan yang ditentukan.
  9. Developer Game, lulusan Informatika / Ilmu Komputer juga siap mengembangkan perangkat lunak permainan multimedia.