Program Doktor

Program doktor Teknik Elektro dan Informatika  mencakup keilmuan di bidang Teknik Ketenagalistrikan, Telekomunikasi, Elektronika, Komputer, Sistem Kendali & Komputer, Biomedika, Rekayasa Perangkat Lunak & Data, Informatika, dan Teknologi Informasi. Program ini didesain sehingga lulusannya dapat  menunjukkan kemampuan dan ketrampilan meneliti secara mandiri dalam satu atau lebih cabang yang tercakup kedalam bidang di atas dalam penelitian yang bersifat orisinil. Hasil penelitian ini juga seyogyanya menambah khasanah ilmu pengetahuan teknik elektro dan informatika yang telah ada atau mengungkapkan masalah baru yang menurut kaidah ilmu pengetahuan teknik, dapat dibuktikan dalam disertasi tanpa keraguan.

 

Tujuan Pendidikan

  • Lulusan dapat menjadi peneliti profesional yang mandiri dalam bidang Teknik Elektro & Informatika atau yang terkait.
  • Lulusan dapat membimbing penelitian mahasiswa di semua jenjang pendidikan tinggi bagi yang memilih berkarier di akademik.
  • Lulusan dapat melakukan inovasi produk/teknologi di tempat kerjanya bagi yang bekerja di sektor industri.
  • Lulusan memiliki kepemipinan dalam kegiatan penelitian atau dalam karier profesi di bidang keilmuannya.

 

Capaian (Outcome) Lulusan

  1. I.       Kemampuan Berfikir Kritis
    1. Mampu mengidentifikasi publikasi ilmiah yang relevan di bidang Teknik Elektro dan Informatika, serta mampu memahami, mengevaluasi dan menerapkan informasi yang ada di dalamnya.
    2. Menguasai secara mendalam teori, teknik, dan kakas terkini dalam bidang spesialisasinya, serta mampu secara kreatif menerapkannya dalam kegiatan penelitian.
  1. II.    Kemampuan Menemukan Persoalan Penelitian
    1. Paham sepenuhnya karakteristik, perkembangan, tahapan, dan nilai etik dari penelitian ilmiah.
    2. Mampu menarik esensi dan kebaruan dari hasil penelitian yang sudah ada, serta mengevaluasinya secara kritis dalam lingkup keilmuan Teknik Elektro dan Informatika.
    3. Mampu menemukan masalah penelitian baru yang solusinya dalam jangkauan kemampuan ilmu yang dikuasainya.

         III. Kemampuan Menjalankan Program Penelitian

  1. Mampu membuat rencana penelitian yang sistematis dan dapat dijalankan dengan batasan waktu dan sumber-sumber daya yang ada.
  2. Memahami dan menguasai metodologi penelitian, teknik, dan pendekatan ilmiah serta terampil dalam menerapkannya untuk pemecahan masalah di bidang Teknik Elektro dan Informatika, khususnya di bidang spesialisasinya.
  3. Mampu memperbaiki teknik yang ada atau mengembangkan teknik baru dalam proses pemecahan masalah penelitian yang kompleks sehingga dapat menjadi bagian dari khasanah ilmu pengetahuan.
  1. IV.  Kemampuan Mengkomunikasikan Hasil Penelitian
    1. Mampu berperan serta secara aktif dalam komunitas akademik, berkomunikasi dengan sejawat dalam masyarakat ilmiahnya, dan masyarakat yang lebih luas terkait bidang Teknik Elektro dan Informatika.
    2. Mampu mengorganisasikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk laporan ilmiah serta mempublikasikannya ke dalam jurnal terpandang.
    3. Menjadi salah satu pakar yang terpandang di bidang ilmu Teknik Elektro dan Informatika, khususnya untuk cabang ilmu yang terkait dengan disertasi yang telah dibuatnya.

 

Tahapan Program Doktor

Secara garis besar, Kurikulum Program Studi Doktor Elektro dan Informatika dibagi ke dalam 4 Tahap, yaitu:

  • Tahap I atau Tahap Kualifikasi
  • Tahap II atau Tahap Penyusunan Proposal
  • Tahap  III atau Tahap penelitian
  • Tahap IV atau Tahap Ujian Disertasi

 Tahap Kualifikasi

Di tahap ini, mahasiswa program doktor diwajibkan mengikuti sejumlah perkuliahan, termasuk matakuliah Ujian Kualifikasi. Perkuliahan diambil untuk memenuhi sebagian persyaratan masa mukim dan, jika perlu, sebagai persiapan ujian kualifikasi. Ujian Kualifikasi baru dapat dilakukan setelah mahasiswa terdaftar dan mengambil matakuliah selama minimum satu semester. Mahasiswa dinyatakan selesai tahap ini jika ia dinyatakan lulus ujian kualifikasi. Tahap pertama ini harus dapat diselesaikan dalam waktu paling lama dua semester.

Tahap Penyusunan Proposal

Di tahap ini, mahasiswa diwajibkan menyusun sebuah proposal penelitian. Mahasiswa dinyatakan selesai tahap ini jika proposal yang disusunnya disetujui tim  pembimbing dan dinyatakan layak sebagai proposal penelitian doktor oleh tim penilai. Tahap kedua ini harus dapat diselesaikan mahasiswa dalam waktu paling lama empat  semester sejak ia memulai program doktor.

Tahap Penelitian

Pada tahap ini, mahasiswa melakukan penelitian dan diwajibkan secara  rutin melaporkan kemajuannya. Di tahap ini juga, mahasiswa menuliskan hasil  penelitiannya ke dalam sebuah disertasi dan ke dalam makalah ilmiah untuk diterbitkan sebagai publikasi ilmiah internasional. Mahasiswa dinyatakan telah menyelesaikan tahap  ini jika (1) semua mata kuliah, kecuali mata kuliah Ujian Disertasi, telah dinyatakan lulus, (2) mahasiswa telah memenuhi syarat publikasi ilmiah, dan (3) disertasi yang disusun mahasiswa dan disetujui oleh tim pembimbing dinyatakan layak sebagai disertasi doktor oleh tim penilai.

 

Tahap Penelitian Program Doktor di STEI di bagi menjadi empat tahap kemajuan penelitian sebagai berikut:

Penelitian dan Seminar Kemajuan I

Pra-syarat: Lulus Ujian Kualifikasi dan Proposal Penelitian

Syarat Kelulusan:  Sudah dapat mempertahankan metode yang meyakinkan untuk pemecahan masalah penelitian. Dibuktikan dengan laporan yang menyertakan analisis dan argument yang dapat diterima.

Penelitiandan Seminar Kemajuan II

Pra-syarat: Lulus Penelitiandan Seminar Kemajuan I

Syarat Kelulusan: Sudah mengeksplorasi metode pemecahan yang diusulkan pada Seminar Kemajuan I yang dibuktikan denganhasil penelitian awal.

Penelitiandan Seminar Kemajuan III

Pra-syarat: Lulus Penelitian dan Seminar Kemajuan II

Syarat Kelulusan: Sudah menghasilkan kontribusi ilmiah yang dapat dapat diterbitkan di konferensi internasional sesuai dengan bidangnya, yang dibuktikan dalam bentuk draft makalah yang sudah setujuioleh Tim Pembimbing.

Penelitian dan Seminar Kemajuan IV

Pra-syarat: Lulus Penelitian dan Seminar KemajuanIII dan Makalah Konferensi Internasional sudah diterima.

SyaratKelulusan:

Sudah menghasilkan kontribusi ilmiah secara lengkap yang layak untuk dituliskan dalam disertasi dan draft jurnal internasional yang sudah disetujui pembimbing.

Tahap Ujian Disertasi

Pada tahap ini mahasiswa melaksanakan ujian untuk mempertahankan  disertasinya serta menyempurnakan penulisan disertasinya. Tahap keempat ini harus sudah diselesaikan dalam waktu paling lama 10 semester.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru bisa mengakses alamat berikut:

 

Persyaratan Program Doktor STEI Tahun 2014

Persyaratan tambahan yaitu:

1. Persyaratan umum bisa diklik pada alamat berikut: http://www.sps.itb.ac.id/

Persyaratan tambahan dari STEI yaitu:

1. TOEFL >=500
2. TPA>=500
3. Sudah menghubungi calon promotor dan mendapatkan rekomendasi serta kesediaan membimbing dari calon promotor. Adapun form kesediaan calon promotor bisa didownload disini dan daftar promotornya yaitu :

Daftar Promotor_Page_1

Daftar Promotor_Page_2