STEI ITB Laksanakan Safety Induction dan Drills untuk 224 Mahasiswa Praktikum EL2101

Bandung, stei.itb.ac.id – Pada tanggal 10 Oktober 2024, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB melaksanakan kegiatan safety induction dan drills untuk 224 mahasiswa tingkat 2 yang mengikuti praktikum EL2101 dari Program Studi Teknik Elektro (EL), Teknik Tenaga Listrik (EP), dan Teknik Biomedis (EB). Acara ini berlangsung di Kelas TVST B dan lapangan terbuka di lingkungan ITB.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan dasar terkait mitigasi bencana dan keselamatan di laboratorium. Dalam acara ini, mahasiswa dibekali dengan teori mitigasi gempa bumi, kebakaran, dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang disampaikan oleh Ir. Habibur Muhaimin, S.T, M.Sc., penanggung jawab dari K3G Labtek VIII.

Selain teori, mahasiswa juga mengikuti beberapa simulasi langsung, antara lain demonstrasi resusitasi jantung paru (RJP) sebagai bagian dari pertolongan pertama oleh tim P3K STEI yang dipimpin oleh Nopika Susilowati Captain Floor 3 di Labtek VIII. Tidak hanya itu, simulasi penanganan patah tulang juga diberikan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi kondisi darurat.

Ditutup dengan demo pemadaman api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), kegiatan ini dipandu oleh petugas dari Direktorat Sarana dan Prasarana (Dit. SP) ITB. Demo ini memberikan pemahaman praktis kepada mahasiswa tentang cara menangani kebakaran dengan cepat dan tepat.

Kegiatan ini menjadi bagian penting dari pendidikan keselamatan di lingkungan STEI ITB, mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi potensi risiko di lingkungan akademik maupun di luar kampus.