Sarjana Teknik Elektro

eac-rgb-w-s

EE program is accredited by Engineering Accreditation Comission of ABET (www.abet.org)

Teknik elektro adalah salah satu bidang teknik paling signifikan yang mendorong evolusi kehidupan manusia dalam beberapa abad terakhir. Hal ini diperkirakan akan terus berjalan hingga masa depan. Teknik elektro memungkinkan teknologi yang membuka lembaran baru dalam kehidupan manusia.

Insinyur teknik elektro tidak diragukan lagi adalah agen transformasi yang diperlukan. Dengan memberikan praktek rekayasa terbaik di setiap aspek, seperti dalam perawatan dan operasi; menciptakan produk baru dan inovasi; melakukan riset tertinggi dalam bidang sains, dan sebagainya. Permintaan insinyur teknik elektro adalah salah satu yang tertinggi di bidan gteknik.

Program studi teknik elektro di STEI ITB didukung oleh 53 anggota civitas akademika yang dihormati dalam bidang riset dan pendidikan. Mereka terlibat dalam berbagai aktivitas penelitian yang mencakup bidang seperti kontrol dan sistem, teknik biomedis, komunikasi, desain komputer, proses grafis dan gambar, sistem komputer dan jaringan, proses sinyal digital, elektronik, tenaga listrik, jaringan informasi, sistem pintar, proses distribusi paralel, material elektroteknik, rekayasa gelombang mikro, dan desain sirkuit terpadu VLSI.

Tinjauan Objektif Pendidikan

  1. Lulusan memiliki karir yang sukses dalam bidang profesi rekayasa.
  2. Lulusan mampu menyelesaikan studi sarjana dengan sukses.
  3. Lulusan memiliki peran aktif dan peran pemimpin dalam industri, pemerintah, maupun pendidikan di daerah Asia pasifik, terutama Indonesia.

Lulusan yang Diharapkan

Kriteria Standar ABET

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains, dan teknik;
  2. Kemampuan untu kmendesain dan melakukan eksperimen, serta menganalisis dan menerjemahkan data;
  3. Kemampuan untuk mendesain sistem, komponen, atau proses untuk mendapatkan hasil yang diinginkan di dalam batasan realistis seperti ekonomi, lingkungan, sosial, politik, etik, kesehatan dan keamanan, manufaktur, dan keberlanjutan (sustainability);
  4. Kemampuan untuk berfungsi dalam kelompok multi keilmuan;
  5. Kemampuan untuk mengidentifikasi, membuat formulasi, dan memecahkan problem dalam bidang rekayasa teknik;
  6. Pemahaman dalam tanggung jawab dan etika profesional;
  7. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif;
  8. Pendidikan yang diperlukan untuk mengerti efek dari solusi teknik dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  9. Kemampuan dan pemahaman untuk terlibat dalam pembelajaran yang terus-menerus (lifelong learning);
  10. Pengetahuan mengenai isu-isu kontemporer
  11. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keahlian, dan alat-alat teknik modern yang diperlukan untuk praktik dalam bidang teknik.

Kriteria Standar Teknik Elektro (ABET)

  1. Keluasan pengetahuan dalam segala bidang teknik elektro (elektromagnetik, power, elektronik, sinyal dan sistem, serta teknik komputer);
  2. Kedalaman pengetahuan dalam paling tidak satu area
  3. Pengetahuan dalam bidang probabilitas dan statistik, termasuk pengaplikasiannya dalam elektro dan sistem komputer
  4. Pengetahuan matematika dalam bidang diferensial dan kalkulus integral
  5. Pengetahuan dalam pengetahuan alam dasar, sains komputer, dan sains teknikyang diperlukan untu kmenganalissis dan mendesain alat elektro serta elektronik kompleks, perangkat lunak, dan sistem di dalam perangkat keras dan komponen perangkat lunak
  6. Kemampuan dalam matematika tingkat lanjut, aljabar linear, variabel kompleks, dan matematika diskrit
  7. Latar belakang untuk pendidikan pasca sarjana.

Prospek Karir

Gelar dalam bidang teknik elektro dapat memberikan anda kualifikasi dalam bidang karir di hampir segala lini industri. Hampir semua orang menggunakan listrik dan sistem peralatan elektronik, sehingga industri memerlukan ahli profesional untuk membangun, memperbaiki, dan meningkatkan kinerja alat-alat tersebut. Ahli teknik elektro bekerja di berbagai sektor industri penting, seperti: Telekomunikasi, Energi dan Tenaga Listrik, Komputer, Semikonduktor, Aerospace (ruang angkasa), Bio Engineering, Manufaktur, Pelayanan, Pendidikan dan Riset, Transportasi, dan Otomotif.
Beberapa pekerjaan di bawah hanyalah mewakili sebagian kecil dari posisi yang tersedia:
  • Ahli Riset yang bekerja di laboratorium, melakukan tes dan penemuan. Pekerjaan ini memerlukan kreativitas tingkat tinggi, juga kesabaran. Baik menemukan alat opto-elektronik atau sesederhana mendesain pembuka botol elektrik, ahli riset bertanggung jawab dalam tahap penemuan teknologi di balik setiap produk elektronik baru.
  • Ketika teknologi baru ditemukan, teknologi tersebut harus diaplikasikan. Desainer teknik menggunakan simulasi komputer dan model untuk mengubah inovasi seperti tekonologi nirkabel ke dalam bagian-bagian kecil yang membentuk telepon seluler. Desainer teknik harus memvisualisasikan bagaimana bentuk bagian dalam dari produk masa depan, sembari menemukan beberapa skenario yang memungkinkan untuk pengaplikasian tekonologi baru tersebut.
  • Insinyur proyek mengawasi banyak teknisi spesialisasi di dalam konstruksi dari prorotip produk berteknologi baru. Insinyur proyek haruslah memiliki kemampuan alami untuk memimpin, juga kemampuan tinggi dalam berbagai disiplin ilmu teknik elektro.
  • Insinyur uji merancang program untuk mengecek fungsi dari perangkat elektronik dan untuk memecahkan masalah perangkat tersebut saat terjadi kesalahan. Mereka menjaga teknologi tetap bekerja dengan baik, dan memahami elemen mana yang harus diuji dan sesuai urutannya. Insinyur uji yang sukses tetap memiliki intuisi yang tajam meskipun bekerja dalam waktu lama.

Untuk info lebih lanjut, dapat membaca: Electrical Engineering Undergraduate Handbook