Magister Informatika

Deskripsi UmumProfil LulusanPendaftaran dan Seleksi Mahasiswa BaruFast Track untuk Magister InformatikaForm Administrasi

Deksripsi Umum

Program Studi Magister Informatika ITB bertujuan untuk:

  1. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika agar mampu memecahkan masalah terkait keinformatikaan dengan menekankan aspek berpikir kritis dan inovatif;
  2. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika untuk selalu siap mengambil kesempatan mengembangkan profesionalismenya melalui pembelajaran sepanjang hayat dan mampu bersaing secara global di bidang informatika;
  3. menyiapkan calon lulusan pasca sarjana informatika yang memiliki kemampuan penelitian di bidang informatika.

Opsi dan Kompetensi Lulusannya

Opsi atau jalur pilihan merupakan bagian dari Program Studi Magister Informatika ITB. Masing-masing opsi menetapkan kompetensi sesuai dengan fokus kemahiran spesifiknya. Namun demikian seluruh opsi memiliki kesamaan pada kompetensi lulusan bagi pengembangan ilmu informatika.

Terdapat 9 opsi program Magister Informatika ITB yaitu:

  1. Sains Komputer
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Sistem Informasi
  4. Teknologi Informasi
  5. Teknologi Media & Piranti Bergerak
  6. Komputasi Kinerja Tinggi
  7. Intelijen Bisnis
  8. Sistem Intelijen
  9. Keamanan Sistem Perangkat Lunak
Opsi Sains Komputer
Opsi Sains Komputer

Opsi Sains Komputer bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Mampu mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoretis dalam bidang computer science, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Mampu menganalisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem berbasis komputer secara fundamental.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dasar dalam bidang sains komputer.
  4. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang penelitian dasar dan pemanfaatan sains komputer.

Opsi Rekayasa Perangkat Lunak

Opsi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Opsi RPL bertujuan untuk membentuk lulusan yang mampu secara sistematis untuk melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan produk-produk perangkat lunak skala besar dengan memanfaatkan metodologi yang tepat dan aligned dengan kebutuhan organisasi dengan bekal kemampuan teknis yang cukup dalam pengembangan sistem perangkat lunak dan untuk bekerja dalam tim.

Opsi Sistem Informasi

Opsi Teknologi Informasi
Opsi Teknologi Informasi

Jalur Pilihan Teknologi Informasi (TI) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu berinovasi dalam memberikan solusi terhadap tantangan di dalam bisnis, organisasi, dan komunitas dengan menggunakan teknologi informasi yang aman dan cerdas, melalui tahapan-tahapan analisis, perancangan, implementasi, operasional, pengukuran kinerja, dan penyempurnaannya, yang dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.


Opsi Teknologi Media & Piranti Bergerak
Opsi Teknologi Media & Piranti Bergerak (TMPB)

Opsi TMPB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik dan keahlian/skill yang kuat dalam pembangunan aplikasi multimedia dan aplikasi berbasis piranti bergerak terkait dengan interaksi, visualisasi, game, dan pemrosesan serta manajemen data multimedia, secara sistematis berdasarkan kaidah rekayasa perangkat lunak yang tepat dalam sebuah team work.

Opsi Komputasi Kinerja Tinggi
Opsi Komputasi Kinerja Tinggi

Opsi Komputasi Kinerja Tinggi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoretis dalam bidang komputasi berkinerja tinggi, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Kemampuan untuk analisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem yang membutuhkan komputasi berkinerja tinggi.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dasar dalam bidang komputasi berkinerja tinggi.
  4. Kemampuan untuk komunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang penelitian dasar dan pemanfaatan sistem komputer berkinerja tinggi.

Opsi Intelijen Bisnis

Opsi Intelijen Bisnis

Opsi Intelijen Bisnis bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik intelijen bisnis dan pentingnya ketersedian informasi bagi sebuah bisnis. Mahasiswa memiliki keterampilan yang memadai dalam membangun sebuah data warehouse; melakukan integrasi data, data quality, dan data mining; visualisasi data & informasi; dan mengoperasikan dan memelihara sebuah sistem intelijen bisnis.

Opsi Sistem Intelijen
Opsi Sistem Intelijen

Opsi Sistem Intelijen bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan dan mengevaluasi pengetahuan dasar teoritis dalam bidang intelligent system, dan mengaplikasikan current techniques, skills, dan tools yang terkait.
  2. Kemampuan untuk analisis persoalan, menaksir (assess) dan mengartikulasikan requirements (kebutuhan), merancang, implementasi dan evaluasi sistem intelijen berbasis komputer secara fundamental.
  3. Mampu melakukan self-directed learning dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, terutama dalam ranah penelitian dalam bidang sistem intelijen.
  4. Kemampuan untuk komunikasi secara efektif baik lisan dan written, serta berpartisipasi secara efektif dalam suatu tim.
  5. Kemampuan berinovasi dan berwirausaha di bidang-bidang yang memanfaatkan sistem intelijen.

Opsi Keamanan Sistem Perangkat Lunak
Opsi Keamanan Sistem Perangkat Lunak (KSPL)

Opsi KSPL bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman konsep yang baik dan keahlian/skill yang kuat dalam pembangunan dan pengelolaan aspek keamanan dari sebuah sistem perangkat lunak.

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

Profil Lulusan

Wisudawan Program Magister Informatika, Oktober 2020

NIM Nama Poster Tesis
23517014 Banu Rusman Visualisasi Region of Interest Berdasarkan Geotag Media Sosial

 

23518001 Trisna Ari Roshinta Identifikasi Conformed Dimension pada Data Cube Menggunakan Sinonim, Hipernim, dan Hiponim

 

23518004 Liptia Venica Pengembangan Metode Pencarian Dense Subgraph Berbasis Proses Difusi Informasi untuk Deteksi Komunitas pada Social Network
23518011 Berman Danyel Sinaga Peningkatan Kinerja Metode Stream-Centered Probabilistic Matrix Factorization Menggunakan Weighted Reservoir Sampling dan Komputasi Paralel

 

23518018 Muhammad Abdulloh Pengembangan Kriteria Kualitas User Story Dengan Pendekatan Goal Question Metric (GQM)
23518020 Ardiansyah Setiajati Community Detection pada Social Network Menggunakan Community Diffusion dengan Social Influence Similarity
23518023 Kenny Jingga Pembangunan Berbasis Komponen Menggunakan Moodle sebagai Alternatif Pengembangan Perangkat Lunak e-Learning Studi Kasus: Sistem Manajemen Pengetahuan Andalalin
23518026 Mohamad Hanifan Peningkatan Kinerja Robust Image Watermarking dengan Polar Harmonic Transform Terhadap Penyuntingan Translasi
23518032 Marcelinus Henry Menori Procedural Content Generation untuk Pembentukan Dungeon pada Permainan

Wisudawan Program Magister Informatika, Juli 2020

No. NIM Nama Poster Tesis
1 23517033 Irfan Kamil Pendeteksi Kecurangan Perekaman Sidik Jari Menggunakan Pengelompokan Ketat pada Data Presensi dan Aktivitas
2 23518007 Irham Yusra Muhammad Pengembangan Pendeteksian Objek Secara Waktu Nyata pada Smartphone dengan Menerapkan Komputasi Offloading
3 23518010 Maria Veronica Claudia Muljana Single Pass Fuzzy Means Clustering untuk Deteksi Topik
4 23518014 Muhammad Fikri Hasani Peningkatan Pseudo Relevance Feedback dengan Term Relationship menggunakan Firefly Algorithm
5 23518022 Elvina Peningkatan Efektivitas Information Retrieval System dengan Menggunakan Pseudo Relevance Feedback
6 23518029 Muh Azinar Ismail Pembangkitan Kasus Uji Secara Otomatis untuk Pengujian Keamanan REST API
7 23518030 Ignatius Kun Aldian Pratama Pengembangan Kakas Process Discovery untuk Mendukung Evaluasi Model Proses Studi Kasus: Ecommerce
8 23519002 Iftitakhul Zakiah Pembangunan Model Akustik pada Sistem Pengenal Ucapan Bahasa Indonesia dengan Weakly Supervised Learning Berbasis Kesepakatan
9 23519006 Tessa Angela Automasi Penentuan Prioritas Insiden pada Pengelolaan Layanan TI Berbasis ITIL
10 23519017 Tasya Konfigurasi Angka pada Matriks Prioritas untuk Indonesia
11 23519019 Rahmad Yesa Surya Optimasi Storage Stack dengan SPDK dan FEMU untuk Meningkatkan Throughput I/O
12 23519022 Patrick Nugroho Hadiwinoto Pemformatan Hasil Pengenalan Sistem Pengenal Ucapan Menggunakan Pendekatan Berbasis Statistik dan Deep Learning
13 23519023 Marvin Jerremy Budiman Sistem Sintesis Ucapan Multipembicara untuk Bahasa Indonesia
14 23519025 Annisa Nurul Azhar Pembelajaran Transfer untuk Analisis Sentimen Berbasis Aspek dalam Bahasa Indonesia menggunakan Pendekatan Fine-Tuning Model Bahasa

Pendaftaran dan Seleksi Mahasiswa Baru

Informasi Umum
Informasi Umum

Pendaftaran calon mahasiswa baru program Magister ITB untuk periode perkuliahan Agustus 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari – 10 Juli 2021, dalam 6 gelombang pelaksanaan.

Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana Gelombang 1 (masa perkuliahan semester I tahun 2021/2022) dibuka tanggal 2 – 27 Februari 2021.

Jadwal Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB untuk semester I tahun 2021/2022 adalah sebagai berikut :

Kegiatan Gel 1 Gel 2 Gel 3 Gel 4 Gel 5 Gel 6
Pendaftaran Peserta Online 2 – 27 Februari 2021 2 – 27 Maret 2021 30 Maret – 24 April 2021 27 April – 22 Mei 2021 25 Mei – 19 Juni 2021 22 Juni – 10 Juli 2020
Seleksi di Program Studi 1 – 10 Maret 2021 29 Maret – 9 April 2021 26 April – 3 Mei 2021 24 Mei – 4 Juni 2021 21 – 28 Juni 2021 12 – 19 Juli 2021
Pengumuman Hasil Seleksi 19 Maret 2021 16 April 2021 11 Mei 2021 11 Juni 2021 5 Juli 2021 27 Juli 2021
Pendaftaran Online 28 Juli – 7 Agustus 2021 28 Juli – 7 Agustus 2021 28 Juli – 7 Agustus 2021 28 Juli – 7 Agustus 2021 28 Juli – 7 Agustus 2021 28 Juli – 7 Agustus 2021
Hari Pertama Perkuliahan Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian Disampaikan Kemudian

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Program Pascasarjana ITB dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/itb_versi1/magister-doktor.

Persyaratan Umum
Persyaratan Umum
  1. Lulusan Program Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi atau yang disamakan dalam cakupan bidang keilmuan yang sesuai.
  2. Bagi pelamar yang menggunakan Ijazah/Sertifikat Setara Ijazah jenjang D4, calon yang bersangkutan diharuskan untuk mengikuti Program Matrikulasi, bila dinyatakan lulus seleksi di ITB
  3. Pelamar program magister ITB harus dapat memenuhi persyaratan-persyaratan berikut :
    • Nilai Kemampuan Bahasa Inggris dengan rincian standar nilai yang diakui ITB sebagai berikut :
      • TOEFL iBT minimum sebesar 56, atau
      • TOEFL ITP minimum sebesar 475, atau
      • TOEIC minimum sebesar 500, atau
      • IELTS minimum sebesar 5, atau
      • ELPT ITB minimum sebesar 77, atau
    • TPA BAPPENAS minimum sebesar 475.
    • Khusus tahun 2021, persyaratan Kemampuan Bahasa Inggris dan persyaratan TPA Bappenas tidak digunakan sebagai persyaratan seleksi mahasiswa baru dan dapat dipenuhi oleh mahasiswa sebelum lulus dari program Pascasarjana ITB.
    • Lulus seleksi persyaratan dan kemampuan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi tujuan
    • Melunasi Biaya seleksi sbb :
      • Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah).
      • Khusus bagi pelamar Magister Administrasi Bisnis, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, biaya sebesar Rp. 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah), termasuk biaya pelaksanaan Tes Psikologi (Psikotes),

Catatan : Biaya tidak termasuk biaya TPA BAPPENAS dan biaya tes ELPT/TOEFL/IELTS.

Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB, dapat dilaksanakan dengan mekanisme transfer ke nomor rekening yang akan disampaikan di laman pendaftaran masing-masing calon mahasiswa. Tata cara pembayaran dapat diperoleh di tautan ini. Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan calon mahasiswa melaksanakan pendaftaran secara online di laman https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana, dengan mengunggah dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Ijazah program Sarjana asli. Bila ijazah belum diperoleh, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari perguruan tinggi asal calon mahasiswa, yang ditandatangani oleh Rektor atau Dekan, serta mencantumkan keterangan bahwa calon mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan pendidikan tingkat Sarjana dan lulus minimum 144 SKS. Calon mahasiswa yang melamar dengan menggunakan SKL diharuskan untuk menyerahkan Ijazah asli pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Transkrip program Sarjana asli, mulai dari semester 1 s.d. semester terakhir.
  • Sehubungan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan calon mahasiswa program pascasarjana ITB mengalami kesulitan untuk memperoleh dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB, pada tahun 2021, kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tidak digunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana ITB 2021, kecuali bagi peminat Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB. Ketentuan mengenai persyaratan kepemilikan sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB bagi calon mahasiswa program pascasarjana adalah sebagai berikut :
    • Calon mahasiswa yang telah memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB yang telah memenuhi ketentuan di atas tetap dapat mengunggah dokumen sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tersebut di laman Pendaftaran Program Pascasarjana ITB.
    • Calon mahasiswa yang belum memiliki sertifikat TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB tetap dapat mengikuti seleksi Program Pascasarjana ITB, kecuali bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.
    • Nilai TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB sesuai dengan ketentuan di atas akan menjadi salah satu persyaratan untuk dapat menyelesaikan/lulus dari Program Pascasarjana ITB. Tata cara pemenuhan persyaratan TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan kemudian.
    • Bagi calon mahasiswa yang memilih program studi di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, akan diselenggarakan Ujian Seleksi oleh SBM ITB, sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru di SBM ITB. Ketentuan terkait TPA Bappenas dan/atau TOEFL/IELTS/ELPT ITB akan disampaikan SBM ITB secara langsung.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (bukan Asuransi Kecelakaan) yang dapat memfasilitasi rawat inap karena sakit sbb :
    • Bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang masih berlaku minimum selama 2 semester (dapat diperpanjang).
    • Khusus calon mahasiswa yang menggunakan BPJS/KIS sebagai dokumen persyaratan asuransi, BPJS dari instansi/tempat bekerja maupun BPJS mandiri dapat dipergunakan.
    • Pengguna BPJS hanya perlu mengunggah Kartu Peserta BPJS yang aktif dan dilengkapi dengan screenshot dari aplikasi JKN Online.
    • Pengguna BPJS tidak perlu meminta cap/tanda tangan dari Kantor BPJS. Silakan menggunakan Kartu BPJS dan bukti transakti terakhir atau screenshot dari JKN Online.
  • Rekomendasi dari 2 (dua) orang (dosen atau atasan) kepada program studi yang dituju di ITB. Rekomendasi tersebut diisikan ke laman pendaftaran mahasiswa pascasarjana ITB oleh pemberi rekomendasi, melalui tautan khusus yang akan dikirimkan ke alamat e-mail pemberi rekomendasi. Mohon dicatat bahwa pemberi rekomendasi harus merupakan seseorang yang mengenal calon mahasiswa dan memiliki kapasitas untuk memberikan rekomendasi untuk mengikuti program pascasarjana ITB.
  • Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) pelamaran program Magister ITB. Formulir Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose) tersebut dapat diperoleh di laman pendaftaran online di alamat http://admission.itb.ac.id, setelah calon mahasiswa melakukan login.
  • Pelunasan biaya pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB.

Pendaftaran calon mahasiswa program Magister ITB baru dinyatakan selesai setelah calon mahasiswa mengisi seluruh data yang diminta di laman pendaftaran online, serta mengunggah seluruh dokumen persyaratan.

Calon mahasiswa yang belum menyelesaikan pendaftaran secara online tidak akan diproses lebih lanjut di ITB.

Calon mahasiswa program Magister ITB diharuskan untuk mengikuti ujian saringan masuk berdasarkan jadwal dan materi tes yang ditetapkan oleh program studi tujuan masing-masing.

Persyaratan Khusus
Persyaratan Khusus

Calon mahasiswa program Magister Informatika ITB merupakan lulusan program Sarjana (S1) atau D4, dalam bidang Sains dan Teknik dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi atau yang disamakan.

Jadwal dan Materi Tes Seleksi

Pendaftaran Online https://admission.itb.ac.id/registration/pascasarjana

Jadwal dan Materi Tes Seleksi Magister Informatika

Jenis tes: tertulis

Gelombang 2: 1 April 2021 (08:00 WIB-12:00 WIB)
Gelombang 4: 27 Mei 2021 (08.00 – 12.00)
Gelombang 6: 13 Juli 2021 (08.00 – 12.00)

Materi Tes Tertulis
  • Algoritma dan Struktur Data
  • Basis Data dan Data Model
  • Arsitektur Komputer dan Sistem Operasi
  • Matematika Diskrit, Probabilitas, dan Statistika

Fast Track untuk Magister Informatika

Persyaratan
  1. Berlaku bagi mahasiswa aktif Program Sarjana Teknik Informatika dan Program Sarjana Sistem dan Teknologi Informasi.
  2. Bagi mahasiswa yang mendaftar pada akhir semester 5: telah menyelesaikan MK program sarjana ≥ 90 SKS dan NR ≥ 3.00 dari MK yang telah diselesaikan tersebut.
  3. Bagi mahasiswa yang mendaftar pada akhir semester 6: telah menyelesaikan MK program sarjana ≥ 108 SKS dan NR ≥ 3.00 dari MK yang telah diselesaikan tersebut.

Formulir pendaftaran dan prosedur administrasinya bisa dilihat di: sini

Sosialisasi Fast Track untuk S2 Informatika

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Sri Wahyuni
sri.wahyuni@stei.itb.ac.id

atau
022 – 250 81 35