Jabar Menggandeng PIKKC ITB dalam Melakukan Pengembangan Platform Smart Infrastructure System BMPR

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) menggandeng Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC), STEI ITB untuk melakukan Kegiatan Pembuatan Aplikasi Monitoring, Integrasi, dan Implementasi Big Data Analytic di Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2020 yang dipimpin oleh Prof. Suhono Harso Supangkat (Kepala PIKKC ITB), Dr. Fadhil Hidayat (Ketua Tim Peneliti PIKKC ITB), beserta tim.

Dalam kegiatan tersebut DBMPR Jabar menggandeng ITB, khususnya PIKKC ITB untuk melakukan kegiatan Pengembangan Platform Smart Infrastructure System BMPR, pendampingan dalam implementasi platform dari tingkat Dinas hingga pelaksanaan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) I hingga VI yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Barat.

Pengembangan Platform Smart Infrastructure System BMPR dilakukan pada Rabu, 10 Februari 2021 dibuka oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Ir. A. Koswara M.P. dan berlangsung pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB melalui video conference Zoom. Kegiatan Pengembangan platform diikuti oleh lebih dari 85 peserta, yang terdiri atas para Kepala Bidang, Kepala Seksi beserta jajaran, Kepala UPTD beserta jajaran, serta tim ITB.

Pada pertemuan tersebut Prof. Suhono Harso Supangkat (Kepala PIKKC ITB) menjelaskan tentang Konsep dan Model Smart Infrastructure System BMPR yang dikembangkan oleh ITB serta dan lingkup pekerjaan sebagai tahap pertama.

Pada Model Smart Infrastructure System BMPR yang dibagi menjadi tiga enabler utama BMPR, yakni Kebimargaan Cerdas, Penataan Ruang Cerdas, serta Jasa Konstruksi Cerdas.

Kemudian, Dr. Fadhil Hidayat (Ketua Tim Peneliti PIKKC ITB), turut memaparkan terkait big data dan iOT serta pengembangan ke depan di lingkungan Dinas BMPR Jabar. Lalu, Zulkifli Arsyad, S.Kom., M.T., selaku anggota tim, juga memaparkan terkait fitur dari SMART BMPR yang sudah dibuat oleh tim dan penggunaan aplikasi baik versi website maupun aplikasi mobile Android.

Terakhir, Pak Devi Sumirat, dari Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan Jalan Jembatan (Harbang) DBMPR Jabar, selaku moderator juga memimpin sesi tanya-jawab dan menjelaskan terkait data sharing melalui platform cloud yang sudah terintegrasi pada sistem Teman Jabar dan Tali Kuat DBMPR Jabar yang termasuk dalam Platform Smart Infrastructure System BMPR.

Leave a Reply