Tim STEI ITB Sapu Bersih di Huawei ICT Competition 2020 tingkat Asia Pasifik

Tim STEI-ITB berhasil meraih gelar juara pertama dan sekaligus sapu bersih di dua kategori dalam Huawei ICT Competition 2020-Regional Asia Pacific yaitu kategori network dan cloud. Kompetisi ini sejatinya diselenggarakan di bulan Maret 2020 di Filipina kemudian diundur ke September di Thailand. Namun, akhirnya diselenggarakan secara online di tanggal 18 Oktober 2020 kemarin.

Tim pertama yang menjadi juara 1 pada kategori network beranggotakan 3 mahasiswa dan 1 instruktur yaitu: Afif Tri Farhan (Teknik Telekomunikasi), Joshua Christo Randiny (Teknik Informatika), Putu Priyana Pradipta (Teknik Telekomunikasi), dan Rifqy Hakimi, S.T, M.T (dosen STEI ITB). Prestasi kali ini memperbaiki prestasi sebelumnya pada ajang yang sama yang memperoleh peringkat ketiga pada tahun 2019. Juara kedua direbut oleh University of Malaya (Malaysia) dan peringkat ketiga oleh Nanyang Polytechnics (Singapura).

Sementara untuk kategori cloud, juara pertama juga direbut oleh tim STEI ITB yang beranggotakan 3 mahasiswa Teknik Telekomunikasi (Bagas Purwa Sentika, Gelar Pambudi Adhiluhung, dan Muhammad Nawaffarras Mahendika) dan 1 instruktur (Abdul Latif, ST, MT).


Foto di atas merupakan dokumentasi tim STEI ITB saat ICT Competition Indonesia. Adapun tim network yg menjadi pemenang di Asia Pasifik adalah Rifqy Hakimi (paling kanan atas), Afif Tri Farhan (paling kiri bawah), Joshua Christo Randiny (ke-4 dari kanan atas), Putu Priyana Pradipta (ke-2 dari kiri atas)
sedangkan tim cloud beranggotakan Abdul Latif (ke-3 dari kiri atas), Bagas Purwa Sentika (ke-3 dari kanan atas), Muhammad Nawaffarras Mahendika (ke-2 dari kanan bawah), Gelar Pambudi Adhiluhung (ke-4 dari kiri atas)

Huawei ICT Competition 2020 Asia Pacific Regional Final ini diselenggarakan secara online dan diikuti oleh beberapa universitas di beberapa negara di Kawasan Asia Pasifik yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Thailand. Kompetisi ini diselenggarakan dalam dua kategori yaitu network dan cloud. Yang dilombakan adalah skill dan kemampuan mahasiswa dalam hands-on perangkat network dan cloud Huawei.

Kedua tim ITB yang menjadi pemenang yaitu tim network dan cloud nantinya akan mewakili Indonesia di ajang yang lebih bergengsi yaitu Huawei ICT Competition 2020 Global Final di tingkat dunia yang mempertemukan wakil-wakil juara regional lainnya.

Kepada Tim STEI ITB, selamat dan sukses telah meraih prestasi gemilang di tingkat Asia Pasifik dan semoga dapat kembali mengharumkan nama Indonesia di Huawei ICT Competition 2020 Global Final November 2020 nanti.

Berita Terkait