Serah Terima Barang Hibah PT. Siemens Indonesia untuk STEI ITB

Pada hari Selasa, 25 Agustus 2020, Siemens melanjutkan kemitraan bersama STEI ITB dengan pemberian hibah berupa peralatan Sistem Otomasi & Perlindungan Gardu Induk. Acara pemberian hibah dilakukan secara virtual, sesuai dengan kondisi pandemi yang saat ini tidak memungkinkan perkumpulan.

“Kemitraan dengan Siemens Indonesia akan memberikan siswa kami akses ke peralatan teknis dan perangkat lunak mutakhir yang dapat membuat mereka lebih menarik bagi calon pemberi kerja,” kata Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, Dr. Tutun Juhana.

“Hubungan erat antara industri dan akademisi sangat penting dan akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Di STEI, kami terdiri dari lebih dari 130 anggota fakultas yang memiliki keahlian di bidang teknik tenaga listrik, komunikasi, kontrol dan otomasi, dan informatika. Kami mempersiapkan siswa kami dengan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kami berterima kasih kepada SIEMENS atas hibah ini dan berharap dapat melanjutkan kemitraan kami di masa depan. ”

Hibah teknologi ini dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan mahasiswa dan lulusan untuk pasar otomasi gardu induk yang kompleks dan kometitif, dan pada saat yang bersamaan membangun pengetahuan dasar yang kuat untuk mempelajari tekonologi Smart Grid.

Hibah Sistem Otomasi dan Perlindungan Substation dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan siswa dan lulusan untuk pasar otomatisasi gardu induk yang kompleks dan kompetitif dan dengan itu juga menciptakan dasar yang kokoh untuk teknologi Smart Grid lebih lanjut. Mahasiswa ITB akan memiliki akses ke perangkat perlindungan SIPROTEC 5 dan Reyrolle serta sistem otomatisasi gardu induk SICAM PAS.

Dengan adanya peralatan dan software di laboratorium, mahasiswa akan dapat melakukan simulasi pengoperasian gardu induk secara nyata dan mendeteksi serta mencegah terjadinya gangguan pada sistem kelistrikan.

Berita Terkait