ETskursi 2020 : Mengenal Lebih Dekat Teknologi Telekomunikasi Negara Singapura

Peserta ekskursi berfoto di depan logo Microsoft Singapore

Setelah mengatur segala hal yang diperlukan selama lebih dari satu semester, akhirnya sebanyak 29 mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB angkatan 2016 sukses melaksanakan kegiatan ekskursi selama 5 hari dari tanggal 6 Januari 2020 hingga 10 Januari 2020 ke salah satu negara tetangga yaitu Singapura. 

Ekskursi Teknik Telekomunikasi yang diketuai oleh Putri Andrawina (ET’16) ini merupakan kegiatan tahunan dari program studi Teknik Telekomunikasi di STEI ITB dan sudah berjalan sejak 5 tahun yang lalu dengan mengikutsertakan seluruh mahasiswa Teknik Telekomunikasi tingkat akhir dan didukung penuh oleh para dosen.

Kegiatan Ekskursi dengan dosen pendamping Bapak Rifqy Hakimi, ST., MT., ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa Teknik Telekomunikasi untuk mengetahui tentang teknologi dan dunia kerja profesional khususnya di era transformasi digital dan Industri 4.0 saat ini. 

Selain itu, mahasiswa juga dapat memahami dan memberikan pandangan tentang permasalahan dalam industri telekomunikasi serta bagaimana negara lain yang sudah maju dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga dapat membuka pandangan dalam mencari solusi untuk diterapkan di Indonesia.

Lalu apa saja yang dilakukan mahasiswa Teknik Telekomunikasi angkatan 2016 selama mereka ekskursi? Nah, kegiatan ekskursi ini berupa kunjungan-kunjungan ke perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi serta institusi pendidikan tinggi terkemuka yang memiliki jurusan electrical/telecommunications engineering sehingga dapat dijadikan contoh baik dalam dunia profesional pada skala internasional. 

Pada ekskursi kali ini, negara Singapura juga terpilih lagi menjadi negara tujuan ekskursi dikarenakan Singapura sudah memiliki teknologi dan infrastruktur yang sangat baik dan telah menjadi salah satu hub teknologi di dunia.

Hari Pertama

Mahasiswa peserta ekskursi dan dosen pendamping tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, yang kemudian langsung menuju ke penginapan yang terletak di Penhas Road dekat wilayah Lavender. Setelah melakukan istirahat sejenak di penginapan, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Chinatown dimana di wilayah ini banyak sekali hal-hal menarik yang sudah dipersiapkan untuk merayakan kedatangan Chinese New Year sehingga peserta dapat melakukan acara bebas seperti berfoto-foto, makan, membeli barang-barang lucu, dan lainnya.

Peserta ekskursi berfoto di depan logo Microsoft Singapore

Peserta ekskursi mendapat pemaparan dari divisi Sales & Marketing Microsoft Singapore

Hari Kedua

peserta ekskursi melaksanakan kunjungan ke salah satu perusahaan IT terbesar di dunia yaitu Microsoft Singapore dimana kantornya terletak di wilayah Tanjong Pagar tepatnya di Frasers Tower dan kantor tersebut merupakan kantor barunya Microsoft Singapore. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 ini mengembangkan, memproduksi, melisensi, dan mendukung produk serta layanan yang berhubungan dengan komputasi. Microsoft Corporation kini menjadi perusahaan penghasil perangkat lunak terbesar dan nomor satu di dunia. Maka tidak dipungkiri apabila Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

Peserta ekskursi berfoto di depan Learning Hub, salah satu gedung ikonik di NTU

Kemudian pada hari yang sama, peserta ekskursi melanjutkan kunjungan ke salah satu universitas di Singapura yaitu NTU (Nanyang Technological University). NTU didirikan tahun 1981 dan merupakan universitas negeri kedua terbaik di Singapura, 5 besar terbaik di Asia, dan 20 besar terbaik di dunia. NTU adalah universitas yang memiliki fokus terhadap riset. 

Pada kunjungan ini, peserta ekskursi diterima oleh para pelajar NTU yang berasal dari Indonesia (PINTU – Pelajar Indonesia NTU) dan diberikan banyak pengetahuan seputar hidup perkuliahan di Singapura khususnya di NTU dan informasi mengenai S1, S2, dan S3 di NTU.

Selain itu, PINTU juga mengajak peserta ekskursi untuk melakukan campus tour dengan mengunjungi library terbesar di NTU, kelas besar yang mirip seperti Sabuga, SEEE (School of Electrical and Electronic Engineering), gedung ikonik di NTU, dan melakukan foto bersama. 

Di malam harinya, peserta ekskursi melakukan acara bebas dengan mengunjungi berbagai tempat secara terpisah seperti Marina Bay Sands, Orchard Road, eksplor kuliner, dan lain sebagainya.

Peserta ekskursi berfoto di area lobby Oracle Singapore

Hari Ketiga

peserta semakin semangat dengan kegiatan ekskursi ini. Peserta ekskursi melanjutkan kunjungan ke salah satu perusahaan IT terkemuka lagi yaitu Oracle Singapore yang tertelak di wilayah Fusionopolis. 

Oracle Corporation merupakan salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen database dan software dengan produk unggulan yaitu MySQL dan Java dan sudah berdiri sejak tahun 1977. 

Di kunjungan kali ini, peserta ekskursi disambut dengan sangat antusias dan enerjik oleh karyawan Oracle Singapore dari divisi Sales & Marketing.

Peserta diberikan informasi tentang produk-produk dari Oracle yang berkaitan dengan teknologi telekomunikasi seperti cloud dan teknologi terbaru dari data center milik Oracle serta peserta mendapat pengetahuan mengenai program Oracle Academy untuk berbagai institusi dengan beragam manfaatnya. 

Peserta ekskursi juga diajak untuk melihat server-server milik client dari Oracle, bermain game berbasis cloud, melakukan office tour, dan diberikan makanan dan minuman ringan sambil menikmati pantry milik Oracle yang sangat nyaman.

Peserta ekskursi sedang dijelaskan mengenai Oracle Solution dan cloud milik Oracle

 Selanjutnya di hari yang sama, peserta ekskursi yang makin semangat melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan IT terkemuka dengan teknologi dasar Internet Protocol, yaitu Cisco Systems Office Singapore yang berlokasi di Mapletree Business City dan merupakan kantor baru dari Cisco di Singapura. 

Perlu diketahui bahwa komplek perkantoran Mapletree di Singapura ini banyak berisi perusahaan teknologi seperti Cisco, Google, Toshiba, SAP, dan lainnya. Cisco sendiri adalah industri raksasa dalam bidang IT dengan lebih dari 52.000 pegawai di lebih dari 70 negara dengan bidang usaha utama Cisco adalah pada security, digital video, switching, enterprise video, dan lainnya. 

Selain itu, Cisco juga bekerja sama dengan departemen pendidikan di negara-negara berkaitan dengan pendidikan di bidang jaringan.

Peserta ekskursi diberikan pemaparan tentang teknologi yang dipakai di kantor Cisco Singapore

Pada kunjungan ini, peserta disambut dengan dengan antusias dan diperkenalkan beberapa produk canggih milik Cisco. Selain itu, Cisco juga memberikan banyak informasi tentang perusahaan ini melalui office tour dimana peserta ekskursi dibuat takjub dengan nyaman dan megahnya isi kantor dari Cisco Singapore. Wajar saja jika Cisco dinobatkan sebagai nomor 1 best workplace in the world bahkan mengalahkan Google dan Microsoft sekalipun. 

Tidak kalah pentingnya, peserta ekskursi juga mendapatkan informasi tentang recruitment di Cisco yang sangat menarik dan peserta mendapatkan makanan dan minuman ringan dari pantry milik Cisco yang sangat nyaman. Kunjungan hari ini diakhiri dengan acara bebas dimana peserta ekskursi ada yang mengunjungi Bugis Street, Marina Bay, Mustafa, dan lain sebagainya.

Hari Keempat

Pada hari keempat, kegiatannya merupakan acara bebas dimana peserta terbagi menjadi beberapa kelompok untuk mengeksplorasi beberapa tempat di Singapura agar dapat mengetahui perkembangan dari negara Singapura itu sendiri. Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain Merlion Park, Flower Dome & Cloud Forest by Gardens By The Bay, Artscience Museum, Heap Seng Leong, Orchard Road, Sentosa Island, Universal Studio, dan lain sebagainya. 

Pada kegiatan ekskursi ini, peserta belajar mengenai beberapa hal seperti perkembangan teknologi Singapura yang sangat baik untuk dapat dikembangkan di Indonesia dan memotivasi para mahasiswa untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara tetangga ini dengan membangun negeri tercinta kita melalui pengembangan teknologi. Selain itu, kegiatan ekskursi juga dapat mempererat kebersamaan angkatan dan meningkatkan rasa tanggung jawab peserta baik selama proses persiapan maupun dalam pelaksanaan.

Hari Kelima

seluruh peserta ekskursi melakukan packing untuk bersiap-siap pulang ke tanah air. Seluruh peserta pulang dengan rasa sangat bahagia dengan membawa oleh-oleh berupa ilmu yang sangat bermanfaat dan menjadi pengalaman tak terlupakan khususnya bagi mahasiswa Teknik Telekomunikasi angkatan 2016 ini. Acara diakhiri dengan berfoto-foto di Jewel Changi Airport dan pulang ke Indonesia. Lantas apa pendapat salah satu mahasiswa peserta ekskursi 2020 ini?

“Bisa memahami bagaimana perbandingan pekerjaan dan kampus yang ada di Singapura dengan di Indonesia, belajar bagaimana kebiasaan dan kedisiplinan terhadap aturan serta penerapan teknologi yang ada disana. Selain itu, kegiatan ini sangat mempererat keakraban angkatan 2016 Teknik Telekomunikasi ITB dan menjadi semakin bersyukur karena bisa menjadi bagian darinya. Semoga kegiatan ekskursi ini bisa terus berlanjut pada angkatan-angkatan selanjutnya.” ujar Zahrina Maryam (ET’16).

Seluruh panitia sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini. Semoga kegiatan ekskursi Teknik Telekomunikasi akan terus diadakan setiap tahunnya sehingga dapat membawa mahasiswa Teknik Telekomunikasi untuk menjelajah perkembangan teknologi di dalam maupun di luar negeri.

The purpose of life is to live it, to taste experience to the utmost, to reach out eagerly and without fear for newer and richer experience.

~ Eleanor Roosevelt

(Ditulis oleh Raden Miftah Ramadhansyah Zainulloh, ET 2016)

Berita Terkait