Mahasiswa STEI Meraih Juara 1 Dalam Kompetisi Cybersecurity

Bagas Purwa (18116018), mahasiswa jurusan Teknik Telekomunikasi 2016, meraih juara 1 di Kompetisi Jaringan dan Keamanan Siber Indonesia (KJKSI 2019) bidang CyberSecurity.

Kompetisi ini diadakan oleh Cisco Networking Academy, bersamaan dengan gelaran akbar Cisco Indonesia Networking Academy Conference yang diadakan di UMM Malang pada tanggal 17-18 Oktober lalu. Cisco Indonesia Networking Academy Conference sendiri merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Cisco Networking Academy (CNA) untuk memfasilitasi pertemuan antara instruktur CNA se-Indonesia.

Terdapat dua kategori yang dilombakan pada kompetisi ini, yaitu jaringan serta keamanan siber. Babak penyisihan telah dilakukan sejak 9 Oktober lalu dan terpilih 20 siswa dari tiap kategori yang lolos ke babak final, Bagas Purwa berhasil unggul dan menjadi salah satu yang mewakili ITB di ajang ini.

Babak final yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang menghasilkan jawara pada bidang CyberSecurity/keamanan jaringan yang diraih oleh Bagas Purwa dari ITB, diikuti UGM di posisi dua dan Universitas Katolik Parahyangan di posisi tiga.

Tantangan terhadap keamanan jaringan merupakan isu penting yang akan terus berkembang, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada Internet of Things. Kebutuhan akan pengetahuan dan keterampilan terkait Cybersecurity sangat diperlukan dalam menjawab tantangan tersebut. Untuk itu, Cisco Indonesia Networking Academy Conference diadakan sebagai wadah untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai isu-isu terbaru tentang keamanan informasi.

Acara ini mengangkat isu-isu global tentang Industry 4.0 dan perubahan paradigma Pendidikan di era Industry 4.0 tersebut, sehingga Lembaga pendidikan di Indonesia harus mempersiapkan diri menuju era Education 4.0.


video dari Program Studi Informatika UMM.

Berita Terkait