Orasi Guru Besar STEI, Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, MT., “Kontribusi Komputasi Layanan Service terhadap Transformasi Digital Sektor Industri Jasa dan Pelayanan Publik”

BANDUNG, itb.ac.id — Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB Prof.Dr.Ing.Ir. Suhardi MT., menyampaikan orasi ilmiah mengenai “Kontribusi Komputasi Layanan Service terhadap Transformasi Digital Sektor Industri Jasa dan Pelayanan Publik” di Aula Barat Kampus ITB, Jalan Ganesa No. 10, Bandung, Sabtu, 13 Juli 2019.

Prof. Suhardi menjelaskan bahwa keilmuan komputasi (computing) merupakan keilmuan yang berumur sama tuanya dengan kehadiran alat bantu hitung. Keilmuan ini kemudian berkembang lagi ke arah spesialisasi yaitu monodisiplin, interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.

Pada orasinya tersebut, Prof. Suhardi menjelaskan tentang monodisiplin dan interdisiplin yang berkaitan dengan penelitiannya.

Dia menjelaskan, monodisiplin adalah cara pandang terhadap suatu keilmuan yang fokus pada satu disiplin akademik untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Sedangkan interdisiplin adalah cara pandang yang melibatkan transfer suatu disiplin akademik ke dalam disiplin akademik lainnya untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga mampu memunculkan metode baru atau disiplin akademik yang baru. Contohnya ialah social computing, computational medicine, behavioral computing, cognitive computing, dan service computing.

“Tantangan-tantangan di atas memberikan peluang bagi komputasi layanan untuk menjawab persoalan-persoalan transformasi digital yang (sedang) terjadi pada sektor industri jasa dan sektor pelayanan publik,” ucap Guru Besar pada Kelompok Keahlian Teknologi Informasi itu.

Prof. Suhardi menjelaskan bahwa, komputasi layanan akan memberikan kontribusi baik secara makro maupun mikro kepada sektor industri jasa digital. Secara makro, komputasi layanan dapat menyediakan platform sistem untuk mempercepat proses transformasi digital sektor industri jasa. Contoh di sektor jasa keuangan dibutuhkan platform yang bisa di dalam skala makro komputasi layanan menyediakan software service dan service system bagi perusahaan menggunakan platform sistem komputasi layanan yang khusus untuk sektor atau sub sektor tertentu.

Pengembangan keilmuan komputasi layanan perlu dilakukan dalam arah monodisiplin, interdisiplin, dan multidisiplin secara simultan. Kontribusi komputasi layanan pada transformasi digital sektor industri jasa dan pelayanan publik adalah memberikan metodologi rekayasa platform sistem komputasi layanan untuk membangun layanan perangkat lunak dan sistem layanan sesuai kebutuhan.

Berita Terkait