Obituari: Guru Besar STEI Prof. Iping Supriana Suwardi Wafat

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali berduka. Guru Besar pada Sekolah Elektronika dan Informatika (STEI), Prof. Dr. Ing. Ir. Iping Supriana Suwardi wafat pada Jumat (29/3/2019) lalu pukul 04.15 WIB. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan pengabdian almarhum selama ini, prosesi pelepasan jenazah dilaksanakan di Aula Timur.

Prof. Iping Supriana Suwardi lahir di Bandung 13 Juni 1952 silam. Ia menempuh S1 di ITB tahun 1978, lalu melanjutkan S2 di Institut National Polytechnique de Grenoble (1983) dan melanjutkan S3 di kampus yang sama pada 1985. Ia memiliki keahlian bidang Infografika dan merupakan staf pengajar di Prodi Teknik Informatikan, STEI-ITB. 

Sejumlah penghargaan pernah ditorehkan diantaranya mendapatkan penghargaan Presiden RI Karya Satya Lencana 20 tahun pada 1997, mendapat penghargaan ITB 25 Tahun. Beliau menjabat Ketua KK Informatika sejak 2009 sampai akhir hayatnya. Lalu diangkat sebagai Guru Besar pada 2009, 2010 menjadi anggota Senat STEI dan 2014 menjadi anggota Senat ITB.

Saat prosesi pelepasan, mewakili pihak keluarga, Iyus, menyampaikan meskipun almarhum sudah berpulang, tapi nilai keteladan dan kebaikan bisa diambil oleh kita semua. Ia pun mengucapkan permohonan maaf bila mana terdapat kesalahan semasa hidup dan mohon diikhlaskan.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA dalam pidato pelepasannya mengatakan, segenap keluarga besar ITB berkabung atas wafatnya Prof. Iping. “Kita telah kehilangan salah seorang guru sejati yang kita hormati. Kita hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir melalui proses pelepasan jenazah, sebgai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa dharma bakti, serta pengabdian almarhum kepada ITB, negara dan bangsa semasa hidupnya,” ujarnya.


Almarhum telah menapaki perjalanan panjang di dalam karirnya, sejarah mencatat almarhum adalah sosok yang santun dan penuh hormat kepada siapapun baik senior maupun yuniornya. Sejumlah prestasi dan jasa serta bakti telah dipersembahkan kepada masyarakat bangsa dan negara..
Pada kesempatan yang penting ini, tambah Rektor, atas nama keluarga besar ITB menghaturkan duka cita yang mendalam kepada keluarga. Semoga Allah menerima amal ibadahnya dan mengampuni segala dosa-dosanya dan semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik dan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. 


“Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan, kita mendoakan semoga Allah senantiasa memberikan ketabahan dan kesabaran serta dapat menerima kepergian almarhum dengan ikhlas dan tawakal. Selamat jalan Bapak Prof. Iping Supriana Suwardi, doa kami semua menyertai bapak, semoga berada dengan tenang di sisi Allah,” pesan Rektor. Usai proses pelepasan, jenazah selanjutnya akan dimakamkan di Pemakaman Cibarunai.

Berita Terkait