Rinaldi Munir, Menulis Blog Untuk Mengabadikan Momen Hidup

Dr. Ir. Rinaldi Munir, MT., merupakan Dosen Informatika ITB yang memiliki banyak karya di bidang literasi terutama ratusan tulisan pada blog pribadinya. Menulis baginya merupakan salah satu cara untuk mendokumentasikan semua hal yang ada dalam hidupnya agar dapat dikenang dikemudian hari, berbagi pengalaman, dan bermanfaat buat orang lain. “Menulis merupakan cara saya untuk mengabadikan semua momen dalam hidup, baik yang saya fikirkan, saya lihat, dan rasakan, sebab tulisan akan bersifat abadi selamanya,” ungkap dosen kelahiran Sumatera Barat ini.

Ia mulai aktif dalam dunia kepenulisan semenjak masa perkuliahan, yakni ketika masih mahasiswa Teknik Informatika ITB. Saat ini ia aktif menulis di Berkala ITB sebagai salah satu media cetak resmi ITB Belum ada internet. Melalui Berkala ITB, Rinaldi Munir banyak menulis berita serta opini seputar ITB, lalu menulis di media cetak yang akhirnya secara tidak langsung meningkatkan kemampuannya di dunia literasi dan membuatnya semakin menyenangi bidang ini.

Tak hanya sampai disitu, kesenangannya terhadap menulis juga dilanjutkan hingga memasuki dunia kerja yakni menjadi Dosen di ITB. Saat internet sedang ‘booming’ pada 2004 menjadikan hal tersebut sebagai wadah baru untuk menulis bagi Rinaldi Munir. Pada tahun tersebut, sebagai langkah awal untuk menulis dengan memanfaatkan internet, Rinaldi membuat website pribadi untuk menuangkan karyanya.

Akhirnya pada 2005, saat blog mulai dikenal, Rinaldi Munir membuat laman baru yang dikenal sampai saat ini yakni rinaldimunir.wordpress.com. Semua tulisannya pada laman website sebelumnya pun ikut dipindahkan ke laman barunya ini. Sampai saat ini blognya itu sudah dikunjungi lebih dari 12 juta. Tulisan pertamanya pada laman tersebut berjudul “Pejuang-Pejuang Muda dari Kampus”. Sampai sekarang blog tersebut sudah menghasilkan ratusan tulisan perjalanan, seperti “Catatan Perjalanan Haji 2018.”

Selain tulisan pengalaman hidupnya, sebagai seorang akademisi Rinaldi juga memiliki laman khusus untuk bidang keilmuannya di Teknik Informatika. Laman tersebut adalah catatankriptografi.wordpress.com tempat dimana berbagi ilmu Informatika terkhusus pada Kriptografi.

Tak hanya sampai disitu, perannya sebagai seorang akademisi pun ditunjukkan dengan menulis buku dan sudah berhasil terbit sebanyak lima buku di antaranya berjudul Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal, C, dan C++, Matematika Diskrit, Kriptografi, Metode Numerik, dan Pengolahan Citra. Dibalik semangatnya dalam menulis, Rinaldi Munir juga mengharapkan semangat tersebut juga dimiliki generasi muda saat ini terutama mahasiswa. “Tak hanya secara oral, pada era ini kita harus mampu mengekspresikan apapun yang kita miliki dalam bentuk tulisan,” pesannya.

Penulis: Irfan Ibrahim via itb.ac.id

Berita Terkait