Dr.Ir. M.M. Inggriani Berbagi tentang Computational Thinking di BukaTalks

Awal tahun 2017 , Bukalapak meluncurkan inisiatif terbarunya bertajuk BukaTalks. Inisiatif ini dihadirkan untuk meningkatkan kapasitas diri anak muda Indonesia melalui sharing informasi berbentuk seminar dan forum diskusi. Lewat kegiatan tersebut, Bukalapak berharap dapat menghidupkan kreativitas anak muda di dunia yang serba digital. Kegiatan ini terbuka untuk umum. Bukatalks akan diadakan setiap bulan di kantor Bukalapak dengan menampilkan narasumber-narasumber yang menarik.

Salah satu dosen purnabakti STEI ITB, Dr. Ir. M.M. Inggriani, berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam BukaTalks. Dalam sesi diskusi tersebut, Ibu Inge, demikian beliau biasa disapa, memaparkan topik Computational Thinking dan bagaimana kemajuan pendidikan teknologi informasi di berbagai negara. Saat ini, Ibu Inge aktif sebagai pembina TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia), dan Bebras NBO, komunitas tantangan Computational Thinking yang diikuti kurang lebih 50 negara di dunia.

Computational Thinking adalah sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran yang memiliki peran penting dalam pengembangan aplikasi komputer. Secara singkat, melalui Computational Thinking, pengembang perangkat lunak diharapkan untuk mengembangkan proses berpikir yang melibatkan bagaimana memformulasikan sebuah permasalahan beserta solusinya.

Video tersebut bisa ditonton dalam tautan Youtube di bawah:

Berita Terkait