STEI Di Pameran 98 Tahun PTTI

Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar sidang terbuka, Rabu (4/7/2018), di Aula Barat ITB dan menggelar pameran karya penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat di Aula Timur ITB, Jalan Ganesa, Kota Bandung Rabu-Kamis (4-5/7/2018).

Dua kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati 98 tahun berdirinya pendidikan tinggi teknik Indonesia (PTTI). Peringatan 98 tahun PTTI merujuk pada beridirnya Technische Hogeschool (TH) pada tahun 1920 yang merupakan perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia.

TH adalah perguruan tinggi yang bertranformasi menjadi Institut Teknologi Bandung di tahun 1959. Pada kegiatan itu, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, mengajak seluruh penyelenggara pendidikan tinggi teknik untuk mengembangkan pendidikan tinggi teknik agar menghasilkan sarjana, magister, dan doktor yang mampu mengaitkan kemanusiaan dengan teknologi. Sehingga, ujarnya, teknologi yang dihasilkan akan menyebabkan manusia dapat bekerja dan beraktivitas lainnya secara nyaman dan produktif.

“Dengan perkataan lain, para sarjana, magister dan doktor bidang teknik yang kita hasilkan mampu merancang produk dan jasa dengan memerhatikan dua sisi sekaligus, yaitu sisi manusia dan sisi enginering,” ujar Kadarsah dikutip dari keterangan tertulis. “Pada gilirannya, para lulusan dari perguruan tinggi teknik kita mampu membuat keputusan atas masalah yang kompleks dengan berbasis pada pertimbangan (judgment) yang bersifat analitik, obyektif, bertanggung jawab, profesional dan dapat dipercaya, serta memiliki kemampuan untuk menjalankan lifelong learning.”

Pada acara itu, hadir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Mohammad Nasir yang memberikan orasi ilmiah bertemakan kemajuan teknologi dan revolusi industri generasi keempat serta tantangannya bagi perguruan tinggi.

STEI Berkesempatan menampilkan hasil penelitiannya dalam bentuk poster dan produk dalam pameran tersebut.

 

Berita Terkait