Tim Siapa dari ITB meraih juara I dalam kompetisi Web Development INVENTION 2018

Tim Siapa, yang beranggotakan Alvin Junianto Lan (13514105 – Informatika – 2014), Jovian Christianto (13514101 – Informatika – 2014), dan M. Al Solskjaer (10215065 – Fisika – 2015) berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi Web Development INVENTION 2018, yang berlangsung pada Mei lalu di Gedung Institute of Peace and Democracy, Bukit Jimbaran, Bali. Dalam acara tersebut tim mereka mengajukan project berjudul Inpoint yang berhasil meraih nilai hampir penuh: 97.5 dari 100 point.

Informatic Festival and Competition atau yang disingkat INVENTION merupakan ajang perlombaan IT tingkat nasional yang dipersembahkan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Udayana. Adapun lomba yang dilaksanakan ditujukan untuk semua mahasiswa perguruan tinggi dan pelajar tingkat SMA/SMK yang ada di seluruh Indonesia. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan kreativitas anak bangsa dalam berkarya di bidang teknologi.

Web Development adalah salah satu kompetisi tingkat nasional dalam ajang INVENTION 2018 yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Kompetisi ini menantang peserta tingkat mahasiswa di seluruh Indonesia untuk menciptakan aplikasi berbasis web. Peserta ditantang untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi guna memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dalam ruang lingkup berikut:

a. Sosial Budaya dan Masyarakat
Produk berbasis web yang dapat membantu masyarakat dalam hal sosial budaya sehingga dapat tersalurkan baik kepada pemerintah, instansi terkait maupun pihak-pihak terkait lainnya.

b. Pendidikan
Produk berbasis web yang dapat membantu dalam hal pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia

c. Pelayanan dan Pemerintahan
Produk berbasis web yang dapat membantu dalam hal pelayanan publik dan kepemerintahan (Government) sehingga mempermudah kinerja dari pelayan publik/ pemerintah/instansi terkait dalam proses pelayanannya.

d. Financial Technology
Produk berbasis web yang dapat membantu dalam hal teknologi keuangan (FinTech) yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan perekonomian di Indonesia.

Kompetisi ini dibuka untuk mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah terpilih sepuluh finalis, maka finalis melakukan presentasi di gelaran puncak INVENTION 2018 yang berlangsung di Jimbaran, Bali. Pemenang mendapatkan uang tunai dan field trip Bali.

Berita Terkait