Tim Colorizer STEI ITB Memperoleh Penghargaan di Ajang LSI Design Contest

Seperti tahun sebelumnya, STEI kembali mengirimkan tim perwakilan ke ajang LSI Design Contest. Tahun ini, Tim Colorizer, yang digawangi oleh Fransiskus Yoga , Esa Wibowo (El14), Ferriadi Setiawan (EL14), dan Naufal Ridho (EL14). Dalam ajang tersebut, Tim ini berhasil mendapatkan penghargaan 1st runner-up (Analog Device Award).

Berawal dari tugas kuliah Very Large Scale Integration VLSI (EL4138), Tim Colorizer mulai mengembangkan sistem untuk memberikan warna pada gambar hitam putih. Karya yang dibawakan berjudul “COLORIZER: Image Colorization on FPGA Using Aritificial Neural Network (ANN) by Applying Sliding Window Technique”. Karya ini merupakan sebuah desain digital yang menerapkan teknik sliding window sebagai metode alternatif untuk mengurangi kompleksitas dan pengguanaan memori pada rangkaian neural network.

LSI Design Contest merupakan ajang desain digital yang diadakan oleh Ryukyu Daigaku, Okinawa. Ajang ini merupakan kompetisi tahunan yang pada tahun 2018 merupakan penyelengaraan ke 21. Tema yang dibawakan pada tahun ini merupakan salah satu bidang yang sedang hangat dikembangkan oleh berbagai kalangan akademisi yaitu Backpropagation Artificial Neural Network (ANN). Artificial Neural Network adalah dasar dalam berbagai algoritma pembelajaran mesin yang banyak digunakan oleh perusahaan software ternama seperti Goggle dan Microsoft. Dengan algoritma ini, komputer dapat memiliki kempampuan untuk belajar dari data-data yang tersedia lalu menerapkan hassil belajarnya pada lingkungan riil. Kemampuan belajar ini dapat digunakan pada berbagai bidang seperti robotik dan biomedik untuk meningkatkan kinerja sistem.

Proses seleksi diawali dengan pengumpulan paper yang berisi pemaparan desain yang telah dibuat. Peserta yang lolos diundang untuk melakukan presentasi pada tanggal 9 Maret 2018 di Ryukyu Daigaku, Okinawa. Setelah melewati beberapa tahap penjurian, akhirnya tim ini bisa meraih juara. Desain Integrated Circuit (IC) yang dibuat oleh Tim Colorizer dipertandingkan melawan universitas dari berbagai negara seperti Chiba University (Jepang), Kyushu Institute of Technology (Jepang), Ryukyu University (Jepang), Telkom University (Indonesia), University of Engineering and Technology (Vietnam) dan Hanoi University of Science and Technology (Vietnam).

Berita Terkait