STEI Meraih Juara dalam Lomba Business IT Case ITFEST USU 2018

Beberapa waktu lalu, 2 Tim dari Program Studi Sistem Teknologi Informasi meraih prestasi dalam lomba Business IT Case ITFEST USU 2018. Tim RNA, yang beranggotakan Rizaldy Al Kautsar Utomo, Atika Rahmawati Yuliantoputri, dan Nindy Aditya Dewi berhasil meraih juara pertama; sedangkan serta tim Jatangsol, yang beranggotakan Alessandro Aria Wibowo, Ronaldo Matthew, Al Varrel Putra Kusuma meraih juara kedua. Tim lain, yaitu Tim Baru Bangun, berhasil masuk ke babak final namun tidak membawa pulang gelar.

ITFEST 2018 adalah kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tingkat mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF) Universitas Sumatera Utara, sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para mahasiswa/i Indonesia untuk berinovasi menciptakan solusi dari masalah-masalah yang dialami bangsa ini serta mampu ambil bagian sebagai agen perubahan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta pemanfaaaannya di Indonesia.

ITFEST 2018 memiliki tema “Innovation to Empower Indonesia Youth”. Rangkaian kegiatan ITFEST 2018 terdiri dari kompetisi tingkat mahasiswa se-Indonesia, pameran hasil karya finalis kompetisi, seminar tentang topik-topik terkini di bidang TIK, dan hiburan.

Business-IT Case ITFest sendiri adalah kompetisi case-solving berskala nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Business-IT Case ITFest 2018 ditujukan kepada mahasiswa S1/sederajat dan D3/sederajat.Business-IT Case memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk memecahkan berbagai kasus bisnis dengan memberikan solusi melalui pendekatan Teknologi Informasi. Peserta diharapkan memiliki kemampuan problem solving yang sangat baik dimana kemampuan tersebut akan diuji dalam kompetisi Business-IT Case.

Sebelumnya, peserta terlebih dahulu mengikuti dua buah babak penyisihan yang dilakukan jarak jauh. Peserta mengerjakan soal dalam batas waktu tertentu, juga menjawab soal analisis berupa Executive Summary yang merupakan ringkasan dari ide bisnis sebagai solusi dari studi kasus yang dituliskan secara rinci. Tim yang masuk ke penyisihan berikutnya harus membuat business plan dari produk yang dibuat. Pada akhirnya, tim yang lolos ke babak final harus mempresentasikan idenya di tempat acara puncak dilaksanakan, yaitu di USU Sumatera Utara, pada tanggal 10-11 Maret lalu.

Berita Terkait