ETskursi 2018 : Melihat Lebih Dekat Teknologi Negara Singapura

Senin, 8 Januari 2018 lalu, 27 mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB Angkatan 2014 berangkat ke salah satu negara tetangga untuk melaksanakan kegiatan ekskursi. Apa itu ekskursi Teknik Telekomunikasi? Ekskursi Teknik Telekomunikasi merupakan kegiatan tahunan Program Studi Teknik Telekomunikasi ITB sejak tiga tahun yang lalu. Kegiatan yang diketuai oleh Maharaja Arizona ini, dilaksanakan selama 5 hari, yaitu dari tanggal 8 Januari 2018 hingga 12 Januari 2018. Destinasi kegiatan ekskursi tahun 2018 ini adalah salah satu negara di Asia Tenggara, yaitu Singapura.

Kegiatan dengan dosen pendamping Bapak Rifqy Hakimi, ST., MT., ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa untuk mengetahui tantangan-tantangan di dunia industri, di samping teori-teori yang sudah dipelajari selama perkuliahan. Sehingga mahasiswa dapat mengamati penerapan teori pada dunia kerja. Selain itu mahasiswa dapat memahami dan memberikan pandangan untuk permasalahan yang terjadi di dunia telekomunikasi. Kegiatan ini juga mendapat dukungan positif dari seluruh dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi ITB. ”Ekskursi adalah kegiatan yang sangat positif karena bisa membuka wawasan para mahasiswa mengenai dunia kerja yang akan mereka terjuni nantinya. Ekskursi harus terus dilakukan dan kualitasnya lebih ditingkatkan dengan mengunjungi negara yang lebih variatif,” kata Kaprodi Teknik Telekomunikasi ITB, Dr. Tutun Juhana, ST., MT., Kamis (25/01).

Lalu, apa sih yang dilakukan saat ekskursi? Nah, kegiatan ekskursi ini berupa kunjungan ke institusi pendidikan tinggi yang memiliki jurusan elektro/telekomunikasi dan perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang telekomunikasi, yang dapat dijadikan contoh baik dalam dunia profesional dan pendidikan kelompok studi telekomunikasi. Negara Singapura terpilih menjadi negara tujuan karena Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki kemajuan teknologi yang sangat pesat dan infrastruktur terbaik di wilayah Asia.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cerita kegiatan ekskursi Teknik Telekomunikasi 2018 selama 5 hari di Negara Singapura!

Hari pertama, peserta ekskursi tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, kemudian melanjutkan ke penginapan di daerah Penhas Road. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi pameran teknologi bernama iExperience. The Information and Communications Technology Experience Centre (iExperience) adalah pameran infokom permanen yang didirikan oleh Infocomm Development Authority of Singapore (IDA) untuk menyajikan manfaat dari Nationwide Broadband Network (NBN). iExperience yang berlokasi di Esplanade Xchange ini memberikan pengalaman eksplorasi bagaimana layanan bangsa yang cerdas dapat meningkatkan layanan dan kualitas hidup bagi konsumen, dan meningkatkan daya saing bisnis. Konsep Smart Nation yang disajikan dalam pameran ini memperlihatkan bentuk-bentuk pemanfaatan IoT (Internet of Things), seperti Smart Living, Smart Data, Smart Workspace, Smart Discovery, Smart District, dan Smart Ideas. Peserta ekskursi dijelaskan setiap wahana yang ada dan berkesempatan untuk mencobanya satu per satu. Sungguh menyenangkan dan menambah wawasan!

Peserta ekskursi sedang mencoba wahana smart living di iExperience

Pada hari kedua, peserta ekskursi melaksanakan kunjungan ke salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi (IT) dengan teknologi dasar Internet Protocol, yaitu Cisco Systems Office Singapore yang berlokasi di UE BizHub East. Cisco adalah industri raksasa dalam bidang IT dengan lebih dari 52.000 pegawai di lebih dari 70 negara, dan telah memilik kantor pusat di Singapura. Bidang usaha utama Cisco adalah pada security, digital video, switching, enterprise video, dan lainnya. Selain itu, Cisco juga bekerja sama dengan departemen pendidikan di negara-negara berkaitan dengan pendidikan di bidang jaringan. Pada kunjungan ini, peserta diperkenalkan beberapa produk canggih milik Cisco. Selain itu, Cisco juga memberikan banyak informasi tentang perusahaan ini melalui office tour. Tidak kalah pentingnya, peserta ekskursi juga mendapatkan informasi tentang recruitment di Cisco. Tertarik berkarir di Cisco nantinya?

 Peserta ekskursi sedang dijelaskan produk-produk Cisco

Pada hari ketiga, peserta semakin semangat dengan kegiatan ekskursi ini, peserta ekskursi melanjutkan kunjungan ke perusahaan Microsoft Singapore di Marina Boulevard. Microsoft mulai beroperasi di Singapura pada tahun 1990 dan sekarang telah mempekerjakan lebih dari 850 pekerja. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975 ini, mengembangkan, memproduksi, melisensi, dan mendukung produk serta layanan yang berhubungan dengan komputasi. Microsoft Corporation kini menjadi perusahaan penghasil perangkat lunak terbesar dan nomor satu di dunia. Maka tidak dipungkiri apabila Microsoft merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Pada kunjungan ini, peserta diberikan informasi mengenai Microsoft secara umum mulai dari visi, misi, dan program recruitment dari Microsoft. Selain itu, peserta juga diberi pengetahuan mengenai cara penulisan CV (curriculum vitae) yang baik dan benar. Kemudian pada akhir kunjungan, peserta diperkenalkan dan mencoba beberapa produk Microsoft yang sangat menarik.

Kegiatan kunjungan di Microsoft Singapore

Kemudian pada hari yang sama, peserta mengunjungi salah satu universitas di Singapura yaitu NTU (Nanyang Technological University). NTU didirikan tahun 1981 dan merupakan universitas negeri kedua terbaik di Singapura. Pada QS University Ranking 2016, NTU meraih peringkat ke 13 seluruh dunia. NTU adalah universitas yang memiliki fokus terhadap riset. Pada kunjungan ini, peserta ekskursi diterima oleh SEEE (School of Electrical and Electronic Engineering). Peserta mendapatkan pemaparan yang berkaitan dengan beberapa program studi di SEEE. Kemudian peserta diajak mengunjungi beberapa laboratorium riset, yaitu SaRC (Satellite Research Centre), Smart Mobility Experience Lab, dan Robotics. Di  SaRC, peserta diperlihatkan dan dijelaskan beberapa jenis satelit yang diluncurkan oleh NTU. Kemudian di Smart Mobility Experience Lab, peserta dipaparkan mengenai beberapa proyek Smart Campus dari NTU, yaitu berupa pemasangan beberapa sensor yang diletakan pada jalan-jalan di sekeliling NTU. Lalu di Robotics Lab, pihak NTU memperlihatkan kepada peserta beberapa proyek yang sedang dikembangkannya, salah satunya adalah robot yang dapat menaiki tangga.

Kunjungan di Satellite Research Centre (SaRC), Nanyang Technological University (NTU)

 

Pada hari keempat, peserta terbagi menjadi beberapa kelompok untuk mengeksplorasi beberapa tempat di Singapura, supaya peserta dapat mengetahui perkembangan dari negara Singapura itu sendiri. Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain Merlion Park, Gardens By The Bay, Orchard Road, China Town, Little India, Bugis Street, Henderson Waves, Botanic Gardens, Sentosa Island, dan ArtScience Museum. Pada kegiatan ekskursi ini, peserta belajar mengenai beberapa hal seperti perkembangan teknologi Singapura yang sangat baik untuk dapat dikembangkan di Indonesia dan memotivasi para mahasiswa untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara tetangga ini dengan membangun negeri tercinta kita melalui pengembangan teknologi. Selain itu, kegiatan ekskursi juga dapat mempererat kebersamaan angkatan dan meningkatkan rasa tanggung jawab peserta, baik selama proses persiapan maupun dalam pelaksanaan.

Tanggal 12 Januari 2018, seluruh peserta ekskursi pulang ke tanah air dengan begitu bahagia. Membawa oleh-oleh ilmu yang luar biasa bermanfaat, pengalaman yang sangat berharga, dan cerita yang tidak akan pernah terlupa. Lalu apa pendapat salah satu peserta ekskursi Teknik Telekomunikasi 2018 ini?

”Bisa belajar teknologi di Singapura yang penerapannya sangat berbeda dengan Indonesia, dan tahu bagaimana cara mengajak warganya menjadi tertib. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat keakraban antar teman seangkatan. Semoga adik tingkat semakin semangat untuk kegiatan ekskursi selanjutnya. Untuk mahasiswa TPB, Teknik Telekomunikasi satu-satunya jurusan di ITB yang ekskursinya ke luar negeri, loh! Hehehe,” ujar Ghazy Mahendra.

Seluruh panitia sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini. Semoga kegiatan ekskursi Teknik Telekomunikasi akan terus diadakan setiap tahunnya. Membawa mahasiswa Teknik Telekomunikasi untuk menjelajah perkembangan teknologi di dalam maupun luar negeri.

Experience is one thing you can’t get for nothing.” – Oscar Wilde.

(Ditulis oleh Resti Lestari, ET 2014)

Berita Terkait