Loka Karya Fortei VII, PSeemRG dan Jurusan Teknik Elektro, Universitas Brawijaya

Pada hari Sabtu, 18 November 2017 lalu, bertempat di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, diadakan Lokakarya dengan tema Pengembangan Konten Perkuliahan Mesin dan Elektronika Daya untuk Mendukung Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia.

Pada acara ini, turut hadir Prof. Dr. Ir. Yanuarsyah Haroen, Guru Besar STEI-ITB. Beliau menyampaikan materi mengenai Dinamika Mesin Elektrik, Elektronika daya 1 dan 2, serta Transportasi Elektrik.

Fortei merupakan wadah komunikasi Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia, untuk Strata 1 (Sarjana), Strata 2 (Magister), Strata 3 (Doktor) dan Diploma (Vokasi)/Politeknik. Anggota forum ini adalah Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Teknik Elektro dan Informatika. FORTEI didirikan di Bali pada tahun 2005 oleh 6 Ketua Jurusan Teknik Elektro: ITB (Dr. Isnuwardianto, STEI ITB), UI (Dr. Rudy Setyabudi), UNDIP (Ir. Sudjadi, MT), UGM (Dr. Tumiran), ITS (Dr. M. Ashari), dan Universitas Udayana (Dr. Ida Ayu Giriantari), dengan inisiator Dr. Isnuwardianto.

Kegiatan utama FORTEI atara lain:

  1. Menyelaraskan pendidikan tinggi Teknik Elektro se-Indonesia melingkupi bidang pendidikan, penelitian, dan aplikasi teknologi.
  2. Mendiskusikan topik-topik nasional terkait keilmuan Teknik Elektro, menyimpulkan, memberi masukan, dan solusi kepada pemerintah serta pemangku kepentingan.
  3. Sebagai institusi rujukan mengenai pendidikan tinggi Teknik Elektro.
  4. Meningkatkan kerjasama dan tali silaturrahim antar Institusi, pejabat Program Studi/ Jurusan/Departemen, dan peneliti bidang Teknik Elektro.

Lokakarya ini dihadiri oleh 22 Perguruan Tinggi di Kopertis Wilayah VII dan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia, di antaranya; Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Nasional, Politeknik Negeri Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas PGRI Adibuana, Universitas Negeri Malang, Politeknik Angkatan Darat, Institut Teknologi Adhi Tama, Universitas Bhayangkara, Universitas Hang Tuah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Jember, Universitas Darul Ulum, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Diponegoro, Institut Sain dan Teknologi Nasional, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Bengkulu, Universitas Nusa Cendana, Politeknik Negeri Ambon, Florida Institute of Technology.

Dokumentasi hasil acara dapat dilihat di sini.

via fortei7.or.id

Berita Terkait