Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat dalam acara The Role of Smart Citizenship in Smart Cities: Lessons Learned

12 Sept 2017 – Guru Besar ITB, Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng , dalam rangka mengisi Kerjasama dengan UTS Sydney dan Jakarta Smart City di Kedutaan Australia bersama narasumber dan Wakil Dubes Australia.

Jakarta. University of Technology Sydney dan Jakarta Smart City baru saja menyelenggarakan sebuah seminar dan lokakarya untuk dua ratus akademisi, pemerintahan, pejabat pemerintahan, dan para pengusaha.

Dalam seminar tersebut, turut mengisi adalah guru besar dari STEI-ITB, yaitu Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. Prof. Suhono adalah pencetus ide Smart City pendukung pembangunan berkelanjutan.

Smart City adalah konsep menyajikan informasi keadaan suatu kota secara komprehensif dan real time. Informasi tersebut selanjutnya dapat diakses melalui sebuah controlling room. Tujuannya adalah agar walikota dapat mendapatkan informasi secara langsung, tidak dari “pembisik”, dan dapat mengakses informasi sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat. Usaha untuk terjun langsung ke lapangan bisa diwakilkan dengan sistem sensor yang diaktifkan di berbagai tempat.

Dengan sistem informasi seperti ini, menurut Prof. Suhono, diharapkan dapat mendukung pembangunan yang transparan dan berkelanjutan. Transparansi data yang minim manipulasi dapat disokong. Dengan sistem data yang terkelola dengan baik, walikota dan jajarannya pun dapat memiliki data yang lengkap baik tentang kondisi masa lalu dan kini guna untuk memprediksi kondisi di masa depan. Inilah konsep yang mendukung pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia yang lebih baik.

“The Role of Smart Citizenship in Smart Cities: Lessons Learned” sendiri disajikan oleh University of Technology dan Jakarta Smart City, bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas.

Acara ini didukung oleh Austrade, Pemerintah New South Wales, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi dan Pemerintah jakarta. Hal ini dikoordinasikan oleh UTS Insearch, yang merupakan jalur menuju University of Technology Sydney.

Berita Terkait