Penelitian Kerjasama Dr. Ayu Purwarianti meraih Project Excellence dalam Bernd Rode Award 2017

Proyek riset yang dilakukan Dr. Ayu Purwarianti, dosen Teknik Informatika STEI dan partner(s), meraih penghargaan dari ASEA-UNINET dalam kategori Project Excellence, Bernd Rode Award Laureates 2017. Proyek tersebut, bertajuk “StrikeSensor – Detecting Labor Strikes in Indonesia using Twitter Data”, merupakan proyek riset yang menggunakan sosial media untuk mendeteksi hal-hal yang terjadi di masyarakat, dalam hal ini demo para buruh.

Bernd Rode Award diberikan kepada hasil kolaborasi sains dan pendidikan tinggi unggul di antara universitas Eropa dan Asia Tenggara, yang tergabung dalam framework ASEA-UNINET. Penghargaan tersebut diberikan setiap delapan belas bulan dalam tiga kategori berbeda.

ASEA-UNINET sendiri merupakan jaringan universitas, yang menggabungkan universitas-universitas dari Eropa dan Asia Tenggara dalam kolaborasi riset dan pendidikan. Didirikan tahun 1994, saat ini ASEA-UNINET terdiri dari 80 universitas dalam 20 negara berbeda.

Indonesia membutuhkan banyak sekali karya kreatif atau inovatif yang diakui baik pada tingkat daerah, nasional atau internasional. Seorang dosen dituntut untuk selalu berinovasi, karena ilmu pengetahuan itu selalu berkembang.

Semoga akan muncul lebih banyak inovasi dari dosen-dosen di Indonesia, terutama STEI.

Sumber: Asea-Uninet

Berita Terkait