EE Days 2017 Jawab Tantangan Dunia Keprofesian dengan Ekselensi Lulusan ITB

BANDUNG, itb.ac.id – Berakhirnya kegiatan belajar mengajar di ITB ditutup dengan kegiatan yang bermanfaat terutama bagi mahasiswa prodi Teknik Elektro. Karya yang terkait dengan keilmuan teknik elektro telah tampak dipamerkan pada Senin-Rabu (22-24/05/17) bertempat di Aula Timur. Kegiatan ini merupakan representasi atas reputasi internasional dan akreditasi ABET bidang engineering yang telah disandangkan pada prodi ini. Sedikitnya 119 mahasiswa dengan 39 topik penelitian, mahasiswa program pascasarjana, sivitas akademika STEI dan ITB pada umumnya, juga peserta lomba dari tingkat TK hingga SMU berpartisipasi dalam terlaksananya kegiatan ini. Selain itu, mahasiswa dari universitas lain dan para pelajar SMU se-Bandung Raya. Adapun rangkaian kegiatan EE (Electrical Engineering) Days meliputi, pameran dan demo karya tugas akhir Teknik Elektro ITB, lokakarya IoT (Internet of Things), final LKTI, dan kompetisi robotik.

Pada kegiatan ini ditampilkan karya-karya penelitian dan pengembangan terkini dari tugas akhir mahasiswa-mahasiswa Teknik Elektro ITB baik dari topik pengendalian maupun monitoring. Adapun karya-karya yang ditampilkan memiliki beragam judul mulai dari “Tungku Induksi Skala Kecil (2-3 Kg) dengan Kontrol Temperatur” hingga “Control Performance Monitoring Sistem Distilasi”. Berdasarkan evaluasi dan dan bentuk progresivitas, kegiatan ini kian memadukan integrasi dalam aspek akademik.
Seminar yang digelar turut menghadirkan pembicara Dr. Ir. Ismail MT, (Dirjen SDPPI Kementrian Kominfo RI), Fa Brian Ganda P (Chief Innovation Officer Arkana, Amoeba Telkom Indonesia), Joegianto (Bussines Development Polytron) dengan topik “IOT: Smart way for better life”. Final Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang dimaksud mencakup kategori teknologi pada level SMU se-Indonesia dengan tema “Inovasi Teknologi Berbasis IoT”. Pada kegiatan ini pun digelar Kompetisi Robotik tingkat SD-SMU Se-Jawa Barat dengan mata lomba mencakup RC Robot Soccer, Creative and Innovative Robot, Firefighting Robot, Autonomous Sumo Robot, Simple Machine Robot, dan Merakit Cepat Robot.

EE Days sendiri merupakan ruang bagi mahasiswa tingkat akhir Program Studi Teknik Elektro untuk menghadapi evaluasi sidang tugas akhir di depan para penguji dari dosen dan kalangan profesional untuk mengevaluasi proses problem solving, desain, dan implementasi dari sebuah engineering problem berupa sebuah topik tugas akhir. Sebagai bentuk apresiasi, kegiatan ini menjadi ajang pemberian award STEI-Polytron Best Engineering Design Award, STEI-Polytron Best Engineering Research Award, dan STEI Best Marketing Award.

Sumber

Berita Terkait