STEI Kembali Meraih Gelar dalam LSI Design Contest 2017

Seperti tahun sebelumnya, tahun 2017 ini STEI kembali mengirimkan delegasinya dalam LSI Design Contest yang diadakan  Ryukyu Daigaku, Okinawa.

LSI Design Contest  adalah kontes tahunan yang diadakan oleh Ryukyu Daigaku, sebuah universitas di Kota Okinawa, Jepang. Kontes ini menguji kemampuan pesertanya dalam merancang desain Integrated Circuit (IC), khususnya pada sistem VLSI. Setiap tahunnya, lomba ini diikuti oleh ratusan peserta berstatus mahasiswa maupun sarjana yang berasal dari Jepang, Korea, Cina, Indonesia, dan Vietnam. Lomba diawali dengan pengumpulan paper yang berisi desain VLSI. Peserta yang lolos dari tahap pengumpulan desain kemudian dipanggil untuk melakukan presentasi dari desain dan implementasi yang dibuat. Juri dari lomba ini adalah profesor-profesor dari universitas terkemuka di Jepang dan direktur perusahaan seperti Synopsys, Analog Devices, dan Electronic Device Industry News.

Dalam kompetisi ini, Tim yang dikirimkan STEI berhasil meraih dua gelar. Tim Bima Sakti Ganesha berhasil meraih 1st runner-up (Analog Device Award) dan tim Ganesha Barbarians meraih 1st runner up (Electronic Device Industry News Award).

Pada 20th LSI Design Contest 2017 ini, tema yang diangkat adalah “Human Detection by Histogram of Oriented Gradients”. Peserta diharapkan mampu membuat desain hardware untuk mendeteksi ada tidaknya manusia pada gambar atau video.  Dalam kontes kali ini, Institut Teknologi Bandung diwakili oleh tim Bima Sakti Ganesha dan Ganesha Barbarians, dengan daftar anggota sebagai berikut.

Anggota Tim Bima Sakti Ganesha:

  1. Christoporus Deo Putratama (13213008)
  2. Kevin Shidqi (13213065)
  3. Bramantio Yuwono (13213126)

Anggota Tim Ganesha Barbarians:

  1. Hans Ega Christanto (13213006)
  2. Hans Kasan (13213066)
  3. Revie Marthensa (13213118)

 

Tim Bima Sakti Ganesha memberikan presentasi desain dengan judul “Human Detection by Histogram of Oriented Gradients for Automatic Braking in Autonomous Cars” dan tim Ganesha Barbarians dengan judul “Efficient Human Detector Hardware Design with Paralleled and Pipelined Cell-Based HOG”.

Info dari Hans Kasan (13213066)

Berita Terkait