Tech Talk HMIF Undang Sale Stock

Seiring dengan perkembangan zaman, hampir setiap aspek dalam kehidupan manusia membutuhkan campur tangan teknologi. Salah satunya adalah untuk mengotomasi sistem dan mengolah data dalam dunia bisnis. Pada Senin (16/01/17) pukul 16.00 hingga 18.00, Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) menggelar Tech Talk kembali dengan Sale Stock sebagai pembicaranya. Acara yang diadakan di ruang Multimedia, Labtek V lantai 4 tersebut membahas tentang proses pengaturan dan sistem yang dilakukan oleh Sale Stock dalam bidang informatika.

Tech Talk dibuka dengan kata-kata sambutan dari Kepala Program Studi Teknik Informatika, Dr.techn. Saiful Akbar, ST., MT. Selanjutnya, pada Tech Talk kali ini, Sale Stock menyajikan materi yang meliputi Machine Learning in Every Product, Building Chat Bot Using Deep Learning, dan Developer Experience, Infrastructure, and Tooling. Setiap topik dikemas dalam sesi yang berbeda. Tidak hanya menjelaskan cara kerja dan implementasi, Sale Stock juga menyisihkan waktu untuk tanya-jawab pada penghujung masing-masing topik untuk memastikan materi yang dibawa tersampaikan dengan jelas.

Sesi pertama, yaitu, Machine Learning in Every Product, dibawakan oleh Thomas Diong, Chief Data Officer, Sale Stock. Salah satu hal utama yang dijelaskan adalah recommender system. Recommender system merupakan sebuah sistem yang menentukan produk-produk apa yang disukai oleh pelanggan lewat aktivitas pelanggan ketika berselancar di situs Sale Stock. Thomas menerangkan cara memilah informasi yang bisa dijadikan tolok ukur untuk menentukan selera pelanggan dan cara menerapkannya dalam sistem yang baru. Selanjutnya, Sale Stock juga menerangkan bagaimana perbandingan tingkat kesuksesan yang diraih oleh sistem baru dan sistem lama, dan beberapa hal lain seperti image recognition.

Building Chat Bot Using Deep Learning merupakan tajuk dari sesi kedua yang disajikan oleh Daniel Handoko, Senior Data Scientist di Sale Stock. Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan hubungan yang dimiliki oleh sinyal-sinyal di otak manusia dengan proses yang akan dilakukan, cara Chat Bot menggolongkan kalimat-kalimat yang diterima ke dalam konteks tertentu, dan bagaimana Chat Bot dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh para pelanggan dengan menggunakan informasi yang telah dimiliki sebelumnya.

Sesi ketiga, yaitu mengenai Developer Experience, Infrastructure, and Tooling, diberikan oleh Garindra Prahandono sebagai Chief Technology Officer di Sale Stock. Pembahasan mendalam tentang sistem dan contoh-contohnya juga tak lupa disuguhkan oleh beliau. Setelah ketiga sesi tersebut berakhir, Tech Talk ditutup dengan tanya-jawab secara umum untuk memastikan bahwa para peserta menangkap dengan jelas materi yang diberikan.

Holy Lovenia via https://www.itb.ac.id/news/read/5376/home/tech-talk-hmif-undang-sale-stock

Berita Terkait