STEI Wakili ITB dalam Ritech Expo 2016

hakteknas 2016Pada tanggal 10-13 Agustus 2016, STEI mewakili ITB telah menggelar beberapa karya inovasi dalam acara Ritech Expo 2016 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-21 (HAKTEKNAS) yang dipusatkan di Stadion Manahan Solo.

Peringatan kegiatan HAKTEKNAS yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2016 ini menjadi istimewa karena untuk pertama kalinya dipusatkan di daerah yang terkenal dengan kerajinan batiknya, yaitu Solo, Jawa Tengah. Pada tahun 2016 Hakteknas mengusung tema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”, perayaan kali ini berangkat dari pemikiran Inovasi dengan prinsip Better, Cheaper, and Faster, tanpa melupakan kualitas dan keunikan sumber daya yang dikembangkan dengan sentuhan IPTEK.

Diiringi gamelan dan lagu tradisional khas Solo, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Mensristekdikti) Mohamad Nasir beserta Presiden RI Ke-3 Bapak Teknologi Bangsa, B. J. Habibie memasuki acara Puncak Perayaan HAKTEKNAS 2016. Suasana kebudayaan Solo kian mengental tatkala tarian Garuda Nusantara dan sajak tradisional dipertunjukkan. Menko Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani pada kesempatan ini hadir mewakili Presiden RI Jokowi dan Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, pimpinan partai politik, pimpinan dan anggota DPR, Duta Besar negara sahabat, Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, para tamu undangan serta para pemenang anugerah IPTEK 2016 juga turut hadir dalam perayaan ini (10/08).

IMG_20160811_162149Dalam kesempatan ini STEI menampilkan 3 teknologi unggulan yaitu :

  • NIVA (Non-Invasive Vascular Analyzer): Perangkat Deteksi Dini Penyakit Vaskuler
  • konsol radar cuaca
  • GPR (Ground Penetrating Radar) : perangkat deteksi benda dibalik permukaan (dinding, tanah, dll)

Pengunjung booth ITB terlihat antusias mencoba demo berbagai alat tersebut dan beberapa tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pemanfaatan alat tersebut.

Menurut Ketua Penyelenggara Pameran Ritech Expo 2016 Nada Marsudi, penyelenggaraan Ritech Expo tahun ini merupakan penyelenggaraan Ritech Expo yg terbesar selama 21 tahun terakhir. Pada Ritech Expo 2016 diikuti oleh 90 instansi terdiri dari 31 Perguruan Tinggi dan Politeknik, 6 LPNK, 11 Balitbang Kementerian, 12 Balitbang Daerah, 11 industri, dan 19 program unggulan dan satuan kerja Kemristekdikti. Ritech Expo 2016 menampilkan 155 stand yang terdiri dari 140 stand indoor san 15 stand outdoor. Selain itu, Nada Marsudi melaporkan bahwa selama 4 hari penyelenggaraannya, Ritech Expo 2016 mampu menarik antusiasme masyarakat Kota Surakarta dan sekitarnya. Hal ini terlihat dr jumlah pengunjung Ritech Expo 2016 yang mencapai 17.000 orang.

Berita Terkait