Dukungan PT Telkom untuk Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro

ltrgmLaboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro (LTRGM) merupakan salah satu laboratorium di STEI-ITB yang mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen STEI, khususnya Prodi Teknik Telekomunikasi. Sampai dengan tahun 2015, peralatan praktikum yang tersedia di LTRGM kurang layak digunakan dan sangat memerlukan pembaharuan. Bahkan beberapa perangkat sudah tidak berfungsi yang menyebabkan praktikum ditiadakan, seperti yang terjadi untuk praktikum antena.

Pada tanggal 24 Juli 2016 di Aula Barat ITB, bertepatan dengan acara Halal Bihalal IAE-ITB, Telkom menyerahkan dukungan pembaharuan perangkat praktikum sebesar 800 juta Rupiah untuk LTRGM. Perangkat praktikum yang diperbaharui terdiri dari osiloskop, kit praktikum antena, spectrum analyzer, generator sinyal, desktop PC, dan VNA 1.2 GHz.

Serah terima dukungan dilakukan oleh Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom, Ir. Indra Utoyo M.Sc. kepada perwakilan LTRGM, Prof. Dr. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng. dan Dekan STEI, Dr. Ir. Jaka Sembiring. “Sudah banyak program Telkom yang mendukung dunia pendidikan,” ujar Bapak Indra Utoyo.

ltrgm2Di tempat yang sama, beberapa mahasiswa dan Alumni sangat antusias melihat pemutakhiran perangkat praktikum. “Dulu waktu kami praktikum antena, harus menggunakan busur derajat untuk mengambil data karakteristik antena dari 0⁰ hingga 360⁰,” ucap M. Ammar Wibisono, Alumni Teknik Telekomunikasi 2008. “PC yang ada masih menggunakan teknologi tabung, kalau mau dinyalakan harus ditepuk-tepuk dulu,” ujar Laras,mahasiswi angkatan 2013. “Saat menulis laporan praktikum, ketidakakuratan akibat perangkat yang sudah tua, sering dijadikan alasan,” kata Wervyan, Alumni Teknik Telekomunikasi 2008.

Dukungan pembaharuan perangkat praktikum ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Telkom terhadap dunia pendidikan. Semoga dengan dukungan ini, lulusan STEI memiliki kompetensi yang lebih baik dan lebih siap dalam memenuhi kebutuhan di dunia akademik dan industri. Atas dukungan yang diberikan, STEI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Telkom.

Berita Terkait