Kuliah Tamu: Frequency Dependent Gain Model of the Operational Amplifier

prof dennisonDr James C. Dennison memberikan kuliah mengenai “Frequency Dependent Gain Model of Operational Amplifier” pada 15 April 2016 di Ruang Rapat STEI. Kuliah tamu dihadiri oleh sejumlah dosen dan sejumlah mahasiswa peserta kuliah EL3013 Sistem Instrumentasi di Program Studi S1 Teknik Elektro. Pendekatan mengajarnya membahas masalah mendesak dalam pendidikan teknik, yaitu terus melebarnya kesenjangan antara kemampuan desain praktis dari mahasiswa teknik ketika mereka lulus terhadap keterampilan desain praktis yang dibutuhkan oleh manajer industri agar bisnis mereka tetap kompetitif di pasar global saat ini.

Di kuliah ini, Professor Dennison menunjukkan bahwa perancang mesti memperhatikan spesifikasi aktual Op Amp yang disediakan oleh pabrik pembuatnya. Sebagai contoh, penguatan Op Amp (lup terbuka dan lup tertutup) sudah tidak lagi dimodelkan sebagai suatu konstanta (seperti yang biasanya digunakan dalam perancangan akademis), namun sebagai parameter divais yang bergantung frekuensi. Dengan pendekatan ini, hasil yang diperoleh pada setiap tahap perancangan rekayasa akan kurang lebih sama, dengan kata lain hasil-hasil yang diperoleh dari analisis di atas kertas, simulasi computer, maupun pengujian perangkat keras akan sangat berdekatan. Kinerja spesifik dari sistem, ketika spesifikasi Op Amp tak ideal diperhitungkan, dapat kemudian diprediksi dan diperoleh. Di sisi lain, penggunaan spesifikasi Op Amp ideal, tidak selalu menghasilkan capaian kinerja sistem yang dapat diprediksi.

Jim Dennison memiliki latar belakang yang panjang di industri maupun di dunia akademik. Saat ini, Professor Dennison sedang meninggalkan posisi sebagai Professor di bidang Rekayasa di McNeese State University (USA) dan berada di Program Studi S1 Teknik Elektro STEI ITB pada tahun ajaran 2015/2016. Sebelum mengajar selama 20 tahun di kampus, Professor Dennison adalah seroang product design engineer and project manager di IBM selama 30 tahun. Di Program Studi S1 Teknik Elektro STEI ITB, Professor Dennison melanjutkan pengembangan materi pengajaran tentang perancangan praktis yang menggunakan spesifikasi Op Amp tak-ideal.

Kontributor :Ir. Arief Syaichu Rohman, MEngSc, Ph.D

Berita Terkait