Kiprah Tenaga Kependidikan STEI dalam Penelitian

nana_heryana_pranata_laboratoriumNana Heryana, S.T., IPM, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Ahli Muda STEI dan Dr. Topik Hidayat, M.Si (UPI) menjadi narasumber pada “Workshop Penulisan Karya Ilmiah dalam bidang Pengelolaan Laboratorium” se Jawa Barat 1, yang diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerjasama dengan Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) Wilayah Jawa Barat 1 pada hari Sabtu, tanggal 9 April 2016. Hadir dalam acara tersebut Prof. Dr. phil. Ari Widodo, M.Ed (FPMIPA-UPI), Prof. Dr. Sumarto, MSIE (Ketua LPPM-UPI), 151 Orang peserta yang mewaliki unsur PLP dan Kepala Laboratorium Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah.

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), adalah Jabatan Fungsional Tertentu yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat yang berwenang. (Permenpan No. 3 tahun 2010)

Seperti jabatan fungsional lainnya, kenaikan pangkat PLP tidak secara otomatis setiap 4 (empat) tahun, tetapi harus melalui pengumpulan angka kredit dari 4 (empat) unsur yaitu: Pendidikan; pengelolaan laboratorium; pengembangan profesi dan unsur penunjang.

Salah satu angka kredit dalam pengembangan profesi adalah Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bidang pengelolaan Laboratorium, yang mempunyai ciri khas unsur LABU (Laboratorium, Alat, Bahan dan Uji). Narasumber pertama adalah Dr. Topik Hidayat, M.Si. (Kepala Laboratorium dan Dosen Biologi FPMIPA UPI) memaparkan tentang Metodologi Riset Pranata Laboratorium Pendidikan. Selanjutnya Bagaimana cara menulis ilmiah yang memenuhi kriteria KTI PLP dan dapat dipublikasikan pada seminar Nasional di lingkungan Kemenristek Dikti dan Kemendikbud dipaparkan oleh Nana Heryana (PLP Ahli Muda STEI).

Berita Terkait: http://www.upi.edu/agenda/id/155/WORKSHOP-PENULISAN-KARYA-ILMIAH-BAGI-PRANATA-LABORATORIUM-PENDIDIKAN–PLP-

Berita Terkait