Gali Peran Sains dan Teknologi untuk Dunia Kesehatan Masa Depan, ITB Gelar ICICI-BME

Seiring dengan majunya perdaban manusia, ilmu pengetahuan dan rekayasa di bidang kesehatan berkembang secara pesat pula. Hal ini ditujukan untuk menunjang kesejahteraan manusia yang standarnya semakin tinggi sehingga riset dan penggembangan pada sains dan teknologi dunia kesehatan sangat diperlukan. Institut Teknologi Bandung (ITB), khususnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (FMIPA), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) bekerjasama menyelenggarakan 2015 4th Internal Conference on  Instrumentation, Communication, Information Technology, and Biomedical Engineering (ICICI-BME) pada hari Selasa-Rabu (02-03/11/15) di Aula Timur ITB dari pukul 08.00-17.00 WIB. Seminar ini membahas riset dan pengembangan pada bidang instrumentasi, komunikasi, teknologi informasi, dan teknik biomedika dengan tajuk “Science and Technology for Future Health“.

Konferensi internasional ini mengundang pembicara ahli dari berbagai universitas terkemuka, diantaranya Prof. Eko Supriyanto (UTM, Malaysia), Prof. E.Y Chuang (NTU, Taiwan), Prof. Dr. Jakrapong Kaewkhao (NRPU, Thailand), Prof. Yusaku Fujii (Gunma Univeristy, Jepang), Dr. Kazuhito Shimada (JAXA, Jepang), dan Dr. Suchart Kothan (CMU, Thailand). Ketua penyelenggara dari kegiatan ini adalah Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal (FMIPA) dan Prof. Dr. Tati L.R. Mengko (STEI). Rangkaian kegiatan pada hari pertama pelaksanaan, terdiri dari pembukaan dan sambutan oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi. Kemudian dilanjutkankeynote addresses yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Tati L.R. Mengko dengan beberapa pembicara, yaitu Prof. Tri Hanggono Achmad yang memaparkan “Science and Technology in Health for Sustainable Development“, Prof. Eko Supriyanto yang membawakan topik “The Future of Cardiovascular Imaging“, dan Dr. Kazuhito Shimada yang mengulas bahasan “Safety of Emerging Universal Technologies: Drone and Nano-Bubble Water“. Kegiatan dilanjutkan dengan parallel session 1 pada siang hari dan parallel session 2 pada sore hari.

Pada hari kedua, di pagi hari diisi oleh keynote addresses dari beberapa pembicara, diantaranya: Jakrapong Kaewkhao yang membawa topik “A Review: Luminescene from Lanthanides Doped Glasses and Aplications“, Dr. Suchart Kothan yang mengulas tajuk “Molecular Imaging of Cancer Cell Response to Chemotherapeutic Drugs Emphasized on P-Glycoproteins Function“, keynote speech dari Eric Chuang, dan Prof. Yusaki Fujii yang membahas topik “Abuse Prevention of Street Camera Network by Browsing-History Disclosure“. Selanjutnya terdapat parallel session 3 dan workshop mengenai ICT for Community Health (Development) yang diberikan oleh Sahabat Bunda. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat menarik dengan bahasan riset dan penggembangan teknologi dalam dunia kesehatan baik dari teori dan aplikasinya.

Sumber : http://www.itb.ac.id/news/4953.xhtml

Berita Terkait