Ikatan Alumni Teknik Elektro ITB Serahkan Beasiswa dan Bantuan Pembangunan Anechoic Chamber

Sebagai bentuk kepedulian Ikatan Alumni Teknik Elektro ITB  (IAE-ITB) terhadap mahasiswa dan fasilitas di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), pada 3 Oktober 2015, diselenggarakan turnamen golf IAE-ITB dengan salah satu misinya adalah Golf untuk Amal. Realisasi kegiatan amal pada acara tersebut dilakukan dengan penyerahan beasiswa untuk 31 mahasiswa STEI oleh Ketua IAE-ITB, Bapak Abdus Somad Arief, kepada Dekan STEI, Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng.

Selain beasiswa, pada acara golf yang turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata, Dr. Arief Yahya (EL-80) ini, Ketua IAE-ITB juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan anechoic chamber di Laboratorium Telekomunikasi Radio dan Gelombang Mikro (LTRGM/Lab. Radar), yang merupakan salah satu laboratorium di STEI yang mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Telekomunikasi ITB.

Ilustrasi Anechoic Chamber untuk Pengukuran Antena

Ilustrasi Anechoic Chamber untuk Pengukuran Antena

Anechoic chamber merupakan ruangan yang dapat menyerap pantulan dari gelombang suara dan gelombang elektromagnetik. Dengan aplikasi yang beragam seperti pada bidang telekomunikasi, automotif, militer, kesehatan, dan penerbangan, maka kegunaan dari anechoic chamber bergantung pada bahan/material penyusunnya. Di LTRGM, anechoic chamber digunakan untuk pengukuran gelombang elektromagnetik RF (Radio Frquency) yang diradiasikan antena. Dengan adanya anechoic chamber, antena dan peralatan ukur terisolasi dari interferensi dan medan yang tidak diinginkan, sehingga mencerminkan karakteristik  sebenarnya dari antena yang diuji. Dengan teknologi telekomunikasi nirkabel yang sedang marak dikembangkan adalah teknologi pada gelombang milimeter, maka anechoic chamber di LTRGM direncanakan dibangun untuk mengakomodasi frekuensi hingga 40 GHz.  Rentang frekuensi ini menarik untuk aplikasi antara lain satelit (27.5, 31 GHz), riset pada jaringan terestrial seluler (28 GHz, 38 GHz),  link backhaul (23 GHz, 38 GHz), dan radar jarak pendek (24-24.5 GHz).

Atas bantuan beasiswa dan fasilitas pembangunan anechoic chamber, STEI mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pengurus IAE-ITB, khususnya kepada Bapak Nugi (EL-94), Tim Golf IAE-ITB, Bapak Abdus Somad Arief (Ketua IAE-ITB), Bapak Eko Prasetyo, dan Bapak Ashamdono.

(sumber : Dr. Ian Joseph Matheus Edward (Kaprodi Teknik Telekomunikasi ITB), Dr. Eng. Achmad Munir (Kepala LTRGM), http://uwaterloo.ca)

Berita Terkait