Inovasi TIK untuk Indonesia Cerdas

Forum Prakarsa e-Indonesia atau e-Indonesia Initiatives Forum telah berlangsung selama 10 kali sejak tahun 2005. Dalam setiap acara forum, rata-rata pengunjung yang hadir melebihi 500 peserta, baik dari kalangan akademisi, industri hingga pemerintahan. Sekumpulan rekomendasi dan aksi telah berjalan berhasil dijalankan dengan baik. Mulai dari pentingnya pembangunan Infrastruktur TIK, pengembangan sumber daya manusia, tatakelola hingga generasi muda pengguna TIK.

Rekomendasi e-II ke 10 tahun 2014 memberikan amanah agar pemangku kepentingan Indonesia mulai mengembangkan ekosistem TIK untuk Indonesia secara menyeluruh. Hal ini disebabkkan TIK sudah menjadi penghubung antara manusia dengan manusia, manusia dengan organisasi, benda dengan benda (Machine to Machine). Pendek kata TIK menjadi penghubung dan membuat kemudahan kemudahan dalam melihat (sensing), memahami (understanding) hingga menjalankan (acting) segala aspek kehidupan manusia, dan komunitas. Rekomendasi ini juga sangat relevan dengan amanah pembukaan UUD 45 yang mengarahkan bahwa salah organisasi hingga pemerintahan. Satu tujuan pembangunan Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk melaksanakan rekomendasi tersebut, mulai tahun 2015 telah disiapkan pembentukan Prakarsa Indonesia Cerdas yang dalam kelanjutannya dikembangkan untuk Kota Cerdas dan Komunitas Cerdas. Sebagai langkah selanjutnya, Institut Teknologi Bandung akan mengadakan Konferensi e-Indonesia Initiatives Forum XI & Smart Indonesia Initiatives Forum I pada:

Tanggal : 15-16 Oktober 2015

Lokasi   : Aula Barat dan Aula Timur ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung

Selain gelaran rangkaian diskusi dan presentasi, acara ini dilengkapi dengan gelaran kompetisi pengembangan aplikasi & game, strategi branding, kampanye video , hingga cerdas cermat. Informasi lengkap acara ini dapat dilihat di:

Booklet e-Indonesia Initiatives Forum XI dan Smart Indonesia Initiatives Forum I

 

Berita Terkait