STEI ITB Selenggarakan Data and Software Engineering Days

Pesatnya perkembangan teknologi informasi tak lepas dari kemajuan signifikan di bidang rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan rekayasa data (data engineering) dalam setengah abad terakhir. Berangkat dari hal inilah Kelompok Keahlian (KK) Rekayasa Perangkat Lunak dan Data Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menyelenggarakan kegiatan Data and Software Engineering (DSE) Days yang berlangsung selama dua hari pada Kamis-Jumat (10-11/09/15) di Labtek V dan VI Kampus ITB Ganesha. Kegiatan yang mengangkat tema “Data and Software Engineering: Education, Research, and Industry” ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang perangkat lunak dan data di bidang pendidikan, ekonomi, dan industri karena penerapan perangkat lunak dan data sangat vital di bidang-bidang tersebut.

Selaras dengan tujuan dari DSE Days, acara ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari akademisi perguruan tinggi, industri, praktisi perangkat lunak dan data, serta pemerintah. DSE Days mencakup empat mata acara utama yaitu Tutorial on Software Engineering in DevOps Context, Seminar danWorkshop Pendidikan Rekayasa Perangkat Lunak, Seminar dan Workshop Rekayasa Data, dan Tutorial on Data Analytics and Visualization.

Secara umum, sesi seminar dan workshop yang dilaksanakan berbasis diskusi grup dan tanya jawab interaktif. Seminar dan workshop ini membahas permasalahan-permasalahan yang kerap muncul dalam penyelenggaraan pendidikan rekayasa perangkat lunak dan pengaplikasian data dalam industri dan bisnis. Permasalahan tersebut pada dasarnya timbul akibat parameter pengajaran yang berbeda oleh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia dalam penyampaian materi terkait perangkat lunak dan data sehingga penyamaan persepsi dipandang perlu agar tidak terjadi ketimpangan pemahaman.

Seminar dan workshop kali ini juga ditunjang dengan pengadaan sesi tutorial mengenai pengembangan sistem perangkat lunak dan pengelolaan data. Tutorial pengembangan perangkat lunak dikhususkan dalam realisasi DevOps dan start-up berbasis internet. Sedangkan tutorial pengelolaan data terkait dengan praktik atas keahlian dalam pemanfaatan perangkat untuk analisis dan visualisasi data. Pengadaan sesi tutorial adalah sebagai pembekalan yang aplikatif kepada peserta karena dunia rekayasa perangkat lunak dan data adalah bidang yang menekankan pada praktik langsung dan tak sekedar teori belaka.

Diakui oleh Dr. Fazat Nur Azizah S.T., M.T. selaku ketua acara, inti dari penyelenggaraan rangkaian kegiatan DSE Days adalah penyamarataan persepsi dalam penyampaian materi dalam proses pendidikan di bidang rekayasa perangkat lunak dan data. “Penyamaan persepsi dari pengajar dalam ketersampaian materi ini adalah agar pengetahuan yang didapat oleh mahasiswa setara,” ujar Dr. Fazat. Lebih lanjut lagi, kelak kedepannya diharapkan agar lulusan rekayasa perangkat lunak dan data yang dicetak oleh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia adalah insinyur yang matang, handal, dan berkualitas profesional sesuai dengan kebutuhan industri baik di lingkup dalam negeri ataupun global.

Sumber : www.itb.ac.id/news/4873.xhtml

Berita Terkait