Tim Indonesia Berhasil Meraih Dua Penghargaan di ABU Robocon 2015

Tim Indonesia yang diwakili oleh dua perguruan tinggi pemenang Kontes Robot Indonesia 2015, yaitu Tim Indonesia-1 dari Institut Teknologi Bandung dan Tim Indonesia-2 dari Politeknik Negeri Batam baru saja berlaga pada salah satu kompetisi robot internasional, Asia-pacific ABU Robot Contest 2015, atau disingkat dengan ABU ROBOCON 2015. Ajang Internasional yang tahun 2015 ini diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tanggal 23 Agustus 2015, memiliki tema ROBOMINTON badminton robot games.

Berkompetisi dengan Negara-negara di dunia sama sekali tidak membuat tim Indonesia gentar hingga mampu merebut dua panghargaan pada ajang yang sangat bergengsi ini. Tim Indonesia-1 yang diwakili oleh Tim Dagominton Institut Teknologi Bandung berhasil menduduki posisi sebagai 2nd Runner Up serta mendapatkan penghargaan Panasonic Award setelah menunjukkan performa terbaiknya pada setiap pertandingan melawan tim yang berasal dari Rusia, Mongolia, Korea dan negara-negara lainnya. Tim Dagominton beranggotakan Restu Ikhsanul Fikri (MS FTMD 2011, Ketua Tim), Eko Budi Satrio (MS FTMD 2012), Agung Nuza Dwi Putra (EL STEI 2012), Rendy Wandarosanza (EL STEI 2012), Raga Adiguna (MS FTMD 2012) dan Fanny Achmad Hindrarta (EL STEI 2012).

ABU Robocon

ABU (Asia Pacific Broadcasting Union) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara se-Asia-Pasifik. Pertandingan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2002 di Tokyo Jepang. Ditahun berikutnya diselenggarakan di Korea Selatan, Mesir, China, india, Vietnam, dan negara-negara lainnya. Pada ABU Robocon ke-14 ini, Indonesia pertama kali dipercaya untuk menjadi tuan rumah penyelenggara. ABU Robocon setiap tahunnya mengadopsi tema yang berbeda-beda. Pada tahun 2015 ini, ABU Robocon mengusung tema robominton, yakni robot pemain badminton, dengan mengacu pada aturan badminton yang sesungguhnya ditambah dengan sedikit penyesuaian. ABU Robocon 2015 diikuti oleh 18 negara, yaitu Jepang, China, Korea, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Mesir, Pakistan, India, Iran, Mongolia, Kazakhstan, Sri Lanka, Fiji, Nepal, Rusia dan Indonesia. Juara pertama ABU Robocon 2015 direbut oleh Vietnam yang diwakili oleh Hung Yen University of Technology. Juara kedua direbut oleh Hong Kong yang diwakili oleh Hong Kong University of Science and Technology. Dan yang memperoleh juara ketiga adalah Indonesia dari Institut Teknologi Bandung serta Thailand dari Vongchavalitkul University. Wakil setiap negara pada kompetisi ABU Robocon adalah para pemenang dari kompetisi nasional di setiap negaranya.

Tahun 2016 mendatang, ABU akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand dengan tema yang diusung adalah “Chai-Yo” yang merupakan penerapan konsep renewable energy sources.

Tim ABU Robocon ITB

Tim ABU Robocon ITB merupakan salah satu tim yang tergabung dalam Unit Robotika ITB. Tim ABU Robocon ITB tahun ini bernama Dagominton, sesuai dengan tema robot yang dilombakan tahun ini, yakni robominton. Dalam perjalanannya selama hampir setahun, Dagominton menorehkan prestasi yang sangat gemilang. Dimulai dari juara pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Tingkat Regional dan juara pertama pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Tingkat Nasional, Dagominton memilikii rekor belum terkalahkan sama sekali dalam setiap pertandingan yang diikuti hingga memperoleh piala bergilir Sambawana Pratimacala pada KRI Tingkat Nasional dan mewakili Indonesia pada ABU Robocon 2015 tingkat Internasional.  Tim Dagominton didukung oleh puluhan mahasiswa dan alumni yang bekerja bersama membangun robot yang memiliki kemampuan bermain badminton ini.

Unit Robotika ITB

Unit Robotika ITB (URO ITB) merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang terbuka bagi seluruh mahasiswa yang tergabung dalam keluarga mahasiswa ITB. URO ITB sudah menginjak tahun ketujuh terhitung dari sejak mulai didirikan pada tahun 2008. Mengingat robot yang sangat erat kaitannya dengan teknologi canggih, membuat komunitas ini menjadi salah satu unit kegiatan yang sangat diminati oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung. URO ITB memiliki berbagai kegiatan seperti mengikuti kompetisi robot, pelatihan/seminar robot, team building, kegiatan sosial, diskusi teknologi, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Pada tahun 2015 URO ITB sudah mempersiapkan serta mengirimkan enam tim besar untuk berpartisipasi pada kompetisi robot baik tingkat regional, nasional, maupun internasional, yaitu KRI 2015 Tingkat Regional dan Nasional, Komurindo 2015, Kombat 2015, FIRA RoboWorld Cup 2015 Korea, Micromaze Robot Contest 2015 Japan, ABU Robocon 2015. Dalam setiap kompetisinya selalu ada penghargaan yang berhasil diraih.

Kontributor: Aznan Firmansyah (EL STEI 2012), Ketua Unit Robotika ITB

Berita Terkait