Tim Robotika STEI ITB Rebut Juara Pertama di FIRA RoboWorld Cup 2015

Tim Robotika STEI ITB berhasil memperoleh piala penghargaan pada ajang Kontes Robot Sepak Bola Internasional FIRA RoboWorld Cup 2015 yang dilaksanakan di negeri Ginseng, Korea Selatan, pekan lalu. Prestasi ini diraih setelah mengalahkan tim lainnya yang berasal dari berbagai negara di dunia dimana Tim Robotika STEI ITB menjadi juara pertama pada kategori HuroCup-United Soccer.

FIRA Cup 2015

FIRA RoboWorld Cup adalah kompetisi robot humanoid tahunan yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA) yang bertemakan robot olimpiade. Tahun 2015 ini merupakan penyelenggaraan FIRA RoboWorld Cup ke-20 yang diadakan di Daejeon Convention Centre, Daejeon Metropolitan City, Korea Selatan, pada tanggal 4 s.d. 9 Agustus 2015.

FIRA RoboWorld Cup dimulai pada tahun 1995, dan kejuaraan internasional pertama kali diadakan di kota yang sama dengan tahun 2015 ini, yaitu Daejeon, Korea Selatan. Kompetisi FIRA Roboworld Cup berikutnya diselenggarakan di beberapa negara seperti: Inggris, India, Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Jerman, Singapura, Australia, Peracis, Brazil, Malaysia, dan China. Tahun 2015 ini dilaksanakan di Daejeon lagi dan tahun 2016 mendatang sudah dicanangkan oleh panitia penyelenggara akan diselenggarakan di Iran.

Pada FIRA roboWorld Cup 2015 terdapat tujuh kategori kompetisi yang dapat diikuti, yaitu: Micro-Robot Soccer Tournament (MiroSot), Simulated Robot Soccer Tournament (SimuroSot), Humanoid Robot Soccer Tournament (HuroCup), AmireSot, NaroSot, AndroSot dan RoboSot. Secara umum, pada kompetisi ini, robot secara cerdas dan mandiri bermain bola tanpa kendali langsung manusia. Keterlibatan manusia hanya sebagai wasit pertandingan dan manajer robot pemain. Sehingga hal ini menuntut kemampuan para peserta tim untuk membuat suatu kecerdasan buatan untuk robot agar mampu menyelesaikan misinya.

Tim Robotika STEI ITB

Tim dari Institut Teknologi Bandung, yang dibiayai oleh STEI ITB yang bernama Dago Hoogeschool dapat meraih juara pertama untuk kategori HuroCup-United Soccer. Ini merupakan gelar yang dapat dipertahankan yang mana pada tahun sebelumnya tim ini berhasil memperoleh juara dua untuk kategori yang sama. Prestasi ini membuktikan bahwa untuk kategori ini, robot dari tim Dago Hoogeschool ITB sangat mampu untuk bersaing dan mampu mengalahkan tim dari negara-negara lain yang ikut berpartisipasi pada kompetisi ini.

Dalam kategori HuroCup, terdapat Sembilan cabang yaitu, Penalty Kick, Obstacle Run, Sprint, Marathon, Lift and Carry, Weight Lifting, Basketball, Wall Climbing, Long Jump, dan United Soccer.

Untuk kategori HuroCup-United Soccer, robot diprogram untuk bermain bola dengan berbagai rintangan yang terdapat pada lapangan. Permainannya tentu tidak sesederhana bermain sepak bola seperti biasanya karena robot diharuskan untuk menghindari beberapa penghalang yang terdapat pada lapangan permainan.

Tim FIRA ITB 2015 berasal dari mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika., yaitu M. Aznan Firmansyah. B (Teknik Elektro 2012), Alinda Nur Fitriana (Teknik Elektro 2012), Desiana Dien Nurchalifah (Teknik Elektro 2013), Ahmad Zaki H.T. (Teknik Elektro 2013), Billie Naldo Herlambang (Teknik Elektro 2013), Dhimas Bintang Kusumawardhana (Teknik Elektro 2013), Muhammad Isnain (Teknik Elektro 2013), Miftahul Mahfudz (Teknik Informatika 2013), Rakhmatullah Yoga (Teknik Informatika 2012), Alyssa Diva Mustika (Teknik Tenaga Listrik 2013). Selain itu juga terdapat beberapa anggota tim yang berasal dari program studi lain, yaitu Alamsyah Setyo Nugroho (Teknik Mesin 2012), Nurul Inayah B.M. (Teknik Kelautan 2013), dan Wahyu Trisvianto (Fisika 2012).

Berita Terkait