Ekskursi Teknik Telekomunikasi Angkatan 2011

Kunjungan perusahaan atau sering disebut dengan ekskursi, merupakan salah saru metode pembelaajaran bagi mahasiswa dalam mengenal dunia kerja secara langsung, tentunya di samping kerja praktek yang memang diwajibkan oleh program studi. Teknik Telekomunikasi ITB 2011 baru saja menyelenggarakan kegiatan ekskursi pada tanggal 12 – 14 Januari 2015 di Singapura. Tempat tujuan ekskursi ini adalah perusahaan Telkom International (Telin) Data Center dan Nanyang Technological University (NTU). Kegiatan ekskursi ini diikuti oleh sebanyak 33 mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB 2011.

foto-bersama

Pada hari pertama, rombongan ekskursi sampai di bandara international Changi, Singpura dan langsung dilanjutkan ke perusahaan Telin Data Center yang tempatnya tidak begitu jauh dari bandara Changi. Perusahaan Telin Data Center merupakan salah satu anak perusahaan dari Telkom Indonesia yang beraktivitas di Singapura. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pusat penyimpanan data dan juga cloud computing. Bapak Sendang, salah satu pegawai Telin yang menerima rombongan eksursi mengatakan bahwa jumlah pegawai Telin hanya ada sekitar 20 orang dengan 2 / 3 orang dari Indonesia. Pegawai perusahaan ini sedikit dikarenakan sistem data center yang dijalankan oleh perusahaan ini memang telah menggunakan sistem automasi, jadi seluruh kegiatan di perusahaan dikendalikan / dikontrol oleh suatu sistem. Lalu kami dijelaskan mengenai teknologi yang diperlukan untuk menjalankan sebuah data center dan diajak berkeliling melihat datacenter secara langsung akan tetapi kami tidak boleh mengambil gambar data center karena hal tersebut dilarang. Bapak Sendang juga menjelaskan bahwa Telin Data Center termasuk salah satu data center yang cukup terkenal di Singapura, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelanggan daru perusahaan.

cenderamata

Pada hari kedua, rombongan ekskursi mengunjungi salah satu universitas yang cukup terkemuka di Singapura, yaitu Nanyang Technological University. Disini kami disambut oleh para pelajar NTU yang berasal dari indonesia (PINTU-Pelajar Indonesia NTU) kami diajak berkeliling di NTU lalu dibawa ke SEEE (School of Electrical and Electronic Engineering).

 

art-design

Disini rombongan ekskursi diterima oleh salah satu wakil dekan dari SEEE dan kemudian diajak untuk mengunjungi 2 research group yang sangat berhubungan erat dengan Teknik Telekomunikasi. Pertama kami dijelaskan tentang sebuah alat yang singkatnya adalah sebuah satelit kecil yang digunakan untuk menangkap gambar bumi, lebih tepatnya men-scan permukaan bumi untuk membuat peta dari bumi. Kedua kami dijelaskan tentang dunia persatelitan secara umum dan juga sejauh apa satellite research NTU mengeksplorasi tentang satellite. Satellite Research ini berhasil meluncurkan hampir 8 satelit ke angkasa sejak tahun 90an. Setelah itu rombongan dijelaskan tentang bagaimana proses pembuatan satelit dari awal hingga terbentuk sebuah satelit yang siap untuk diluncurkan.

cenderamata-satelliteCenter

Kunjungan di SEEE NTU ini menutup rangkaian acara ekskursi Teknik Telekomunikasi ITB 2011. Rangkaian acara ekskursi ini banyak sekali memberikan mafaat terutama bagi para mahasiswa dalam memandang dunia industri maupun sistem pendidikan di Singapura. Selain itu banyak juga baru yang dapat diambil selama proses ekskursi ini berlangsung. Semoga kegiatan ekskursi ini dapat terus berlanjut dan didukung setiap tahunnya baik oleh mahasiswa, prodi, maupun ITB secara umum.

Penjelasan

SatelliteCenter

 

Berita Terkait