PT LEN Gandeng ITB Kembangkan LTE 4G

Pada hari Selasa tanggal 9 Desember 2014 bertempat di Aula Timur Kampus ITB, ITB menjalin kerja sama dengan ITB  PT Len Industri (Persero) untuk penelitian, terutama terkait Long Term Evolution (LTE).

”Kami menggandeng ITB untuk menyambungkan penelitian yang ada di perguruan tinggi menjadi industri,” ujar Vice President Marketing and Business Development Division PT Len Industri Tarmizi Kemal Fasya, Selasa (9/12).

Resize of IMG_20141209_094821
Kerja sama tersebut, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Vice President Marketing and Business Development Division PT LEN, Tarmizi Kemal Fasya dan ITB yang diwakili Kepala Pusat Mikroelektronika ITB, Dr. Eng Trio Adiono berserta Dr. Ir. Jaka Sembiring selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Sekolah Teknik Elektro dan Informatika di Gedung Aula Timur Kampus ITB.

Menurut Tarmizi, kerja sama Pengembangan Teknologi dan Produk Chipset – 4G LTE dijalin karena Len adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Sehingga, memiliki kemampuan, pengalaman, dan sumber daya manusia di bidang industri elektronik dan telekomunikasi.

”Sekarang, kami sedang berminat memasuki pasar base station LTE,” katanya.

Mereka pun memanfaatkan hardware, software, dan sumber daya lainnya. Selain itu, pengembangan produk bersama dari tahapan riset, pengembangan purwarupa (prototipe), pemasaran  hingga penerapan di lapangan.

”Kemungkinan Maret sampai April produksi. Nilai investasinya, baru ada setelah MoU,” katanya.

Melalui mekanisme kerja sama dengan ITB, kata dia, LEN memanfaatkan hasil rancang bangun PME ITB untuk dipabrikasi dengan memanfaatkan lini produksi yang dibangun di Batam. Saat ini, LEN sudah melakukan uji coba untuk 4G LTE FDD untuk Telkomsel.

”Model ini, diharapkan jadi contoh model bisnis perusahaan telekomunikasi dalam negeri,” katanya.

sumber: republika.co.id

Berita Terkait