Tim Robotika ITB Juara pada Internasional 19th FIRA RoboWorld Cup 2014

Tim Robotika Institut Teknologi Bandung kembali menunjukkan prestasinya pada Kompetisi Robot Internasional 19th FIRA RoboWorld Cup 2014 dengan capaiannya sebagai Juara Kedua pada kategori HuroCup United Soccer, di Beijing China.

FIRA RoboWorld Cup (FIRA CUP) adalah kompetisi robot pemain bola tahunan yang diselenggarakan oleh Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA). Tahun 2014 ini merupakan penyelenggaraan yang ke 19 kalinya dengan bertempat di Shijingshan Stadium, Shijingshan, Beijing, China tanggal 5-11 November 2014.

FIRA CUP dimulai pada tahun 1995, dan kejuaraan internasional pertama kali diadakan di Daejeon, Korea, pada tahun 1996. Kompetisi-kompetisi FIRA CUP berikutnya diselenggarakan di beberapa negara seperti: Inggris, India, Korea Selatan, China, Amerika Serikat, Jerman, Singapura, Australia, Peracis, Brazil dan Malaysia. Tahun 2014 di China ini merupakan penyelenggaraan yang ke sembilan belas kalinya.

Seperti pada permainan sepak bola, soccer-robot juga memiliki aturan permainan tertentu. Pada FIRA CUP terdapat tujuh kategori, yaitu: Micro-Robot Soccer Tournament (MiroSot), Simulated Robot Soccer Tournament (SimuroSot), Humanoid Robot Soccer Tournament (HuroCup), AmireSot, NaroSot, AndroSot dan RoboSot. Pada kompetisi ini, robot secara cerdas dan mandiri bermain bola tanpa kendali langsung manusia. Keterlibatan manusia hanya sebagai wasit pertandingan dan manajer robot pemain.

Pada 19th FIRA CUP 2014 ini, Tim Robotika Institut Teknologi Bandung mengikutsertakan 4 buah robot humanoid untuk bertanding pada kategori HuroCup. Pada HuroCup ini, robot memiliki bentuk seperti manusia (human-like) yang memiliki dua kaki, sehingga disebut humanoid robot. Dalam kategori HuroCup, terdapat sembilan tantangan yaitu: Penalty Kick, Obstacle Run, Sprint, Marathon, Lift and Carry, Weight Lifting, Basketball, Climbing Wall dan United Soccer. Tim Robotika ITB berhasil memperoleh peringkat kedua untuk HuroCup United Soccer.

Tim FIRA ITB 2014 yang berasal dari Unit Kegiatan Robotika ITB ini merupakan gabungan dari mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Fisika. Anggota Tim FIRA ITB 2014 adalah: Sholehhudin Al Ayubi (Fisika 2011), Bima Nugraha Sanusi (Teknik Elektro 2011), Yaqub Aris Prabowo (Teknik Elektro 2011), Muhammad Luqman (Teknik Elektro 2011), Primawan Dwi Nugroho (Teknik Elektro 2011), Alinda Nur Fitriana (Teknik Elektro 2012), Radhian Ferel Armansyah (Teknik Elektro 2012), Alamsyah Setyo Nugroho (Teknik Mesin 2012), Rakhmatullah Yoga (Teknik Informatika 2012), Irvin Shandy (Teknik Mesin 2012), Khoirunnisa Afifah (Teknik Informatika 2012), Fahziar Riesad Wutono (Teknik Informatika 2012), Wahyu Trisvianto (Fisika 2012), dan Eko Budi Satriyo (Teknik Mesin 2012).

Sumber: Dr. Kusprasapta Mutijarsa, ST. MT

Berita Terkait