ICAICTA-2014 : Konsep, Teori dan Aplikasi

 

Bandung, 20-21 Agustus 2014 – International Conference on Advanced Informatics: Concept, Theory & ApplicationsICAICTA 2014 merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan melalui kerjasama Kelompok Keahlian Informatika – Sekolah Teknik Elektro dan Informatika – Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) , beserta Toyohashi University of Technology (TUT), dan Technical Co-Sponsor IEEE Indonesia Section.

Konferensi ICAICTA bertujuan untuk mempertemukan akademisi, ilmuwan, dan industrialis Indonesia dan internasional untuk berbagi pengetahuan, bertukar ide, berkolaborasi dan mempresentasikan hasil penelitian di bidang informatika.

Konferensi tahun ini menerima paper dari 4 kategori penelitan: Graphics, Image Processing and Intelligent Systems; High Performance Computing and Distributed Systems; Computational Science and Engineering; and Information Systems, Audit and Governance. Semua paper terdaftar yang dipresentasikan dalam ICAICTA 2014 akan dikirim ke IEEE Xplore untuk diindeks dapat diindex oleh SCOPUS, Ei Compendex dan lain-lain.

Konferensi ini menerima 165 kiriman paper dari 30 lembaga di 11 negara termasuk Jepang, Malaysia, Indonesia, Cina, India, Turki, Belanda, dan Amerika Serikat. Dengan tingkat keketatan 39%, diperoleh 65 makalah yang lulus review dan dipresentasikan dalam konferensi. Konferensi ini juga menjadi momentum dimulainya kerjasama penelitian antara Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dan Toyohashi University of Technology.

Resize of Interactive

Pada Hari pertama konferensi, Prof Hitoshi Isahara dari Toyohashi University of Technology menyampaikan keynote speech dengan topik Komputasi Linguistik, beliau menyoroti faktor-faktor penting yang harus diperhatikan untuk memajukan riset di bidang Komputasi Linguistik; diantaranya (1) Membangun Asosiasi, (2) Language Resource, (3) Pengembangan Teknologi.

Selain itu, juga hadir dalam konferensi ini adalah Dr Hans Dulimarta dari Grand Valley State University yang menyampaikan tren terkini (state of the art) dalam bidang Computer Graphics, termasuk diantaranya; (1) Eksploitasi kapasitas hardware dengan menggunakan algoritma dan pemrograman yang lebih baik; (2) Mempermudah penyelesaian masalah dengan menggunakan representasi data secara “out of the box”.

Dalam sambutannya di Aula Barat ITB, Dr Achmad Imam Kristijantoro, selaku Ketua Panitia ICAICTA, menyatakan bahwa ia melihat potensi besar ICAICTA di masa depan dan kontribusinya terhadap penelitian di bidang Informatika. “Kami berharap bahwa konferensi ini terus diadakan dan menarik lebih banyak peserta di masa depan, mengundang lebih banyak kolaborasi antara peneliti, akademisi, ilmuwan serta aktor industri di Indonesia, Jepang, dan negara-negara lain, terutama untuk mendorong lebih banyak keterlibatan mahasiswa Indonesia di panggung internasional, ” ujar Dr. Ahmad Imam Kistijantoro.

Berita Terkait