ITB Meraih Prestasi di Kontes Robot Indonesia 2014

Unit Robotika ITB (URO) yang didalamnya banyak mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika sebagai wakil dari ITB kembali harumkan nama almamater di kompetisi robotika tingkat nasional, Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014. Kompetisi tahunan yang bertuan rumah di Universitas Negeri Yogyakarta ini diadakan pada Selasa-Jumat (24-27/06/2014). ITB berhasil meraih dua buah piala dalam kompetisi ini, yaitu penghargaan Artistik Terbaik dan juga Juara Harapan.

KRI tingkat nasional ini diikuti oleh 104 tim yang berasal dari universitas-universitas di Indonesia. Tim-tim tersebut merupakan tim yang berhasil lolos dari tahap seleksi regional.  ITB yang sempat meraih gelar Juara Umum di KRI  regional II ini berhasil mengirimkan empat tim untuk bertanding, yaitu tim Parivara di kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), tim Dago Hoogeschool di kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), tim Viva La Ganesha di kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi Berkaki, dan tim Dago Concordia di kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).
foto-3Seluruh tim ITB berhasil masuk ke babak delapan besar di setiap kategori lomba yang diikuti. “Untuk tim dari universitas lain, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masih tetap jadi lawan paling tangguh,” jelas ketua URO, Andini Noviana (Teknik Elektro 2011). Tim Dago Hoogeschool, yang beranggotakan Primawan Dwi Nugroho (Teknik Elektro 2011), Muhammad Luqman (Teknik Elektro 2011), dan Hannan Prasasta Widyadana (Fisika 2011), berhasil lolos ke babak perempat final dan memenangkan piala Juara Harapan untuk kategori KRSBI. Selain itu, tim Dago Concordia yang beranggotakan Yaqub Aris Prabowo (Teknik Elektro 2011), Bima Nugraha Sanusi (Teknik Elektro 2011), dan Sholehhudin Al Ayubi (Fisika 2011) juga berhasil memenangkan penghargaan Artistik Terbaik untuk kategori KRSI.

foto-2

“Walaupun sempat terjadi masalah-masalah kecil saat bertanding, alhamdulillah tahun ini ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kami sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik, tapi sebenarnya hasil untuk tahun ini masih belum maksimal. Insya Allah tahun depan kami akan berjuang agar hasilnya bisa lebih baik lagi,” tambah Andini.

Sumber: itb.ac.id

Berita Terkait