Tim Ice Barble : Juara I di Perlombaan Aplikasi Pemilu

 

Tim Ice Barble terdiri dari Genta Indra Winata, James Jaya, Kelvin Valensius, Mochammad Dikra Prasetya (Mahasiswa Teknik Informatika STEI-ITB) menjadi pemenang di perlombaan aplikasi pemilu Code for Vote 2.0. Dalam perlombaan yang diadakan di FX Sudirman (14/6), Jakarta, Ice Barble dengan “Pemiluman” mengungguli 107 tim dan aplikasi pemilu lainnya.

Pemiluman merupakan aplikasi yang menginformasikan calon presiden dan wakil presiden secara mudah dan menarik. Profil, jejak rekam, visi-misi, program, dan janji Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK disandingkan dalam satu paket informasi layar sentuh, tanpa harus mencari-cari di banyak sumber.

Pemiluman pun menyertakan konten pengingat hari pencoblosan beserta jejaring media sosial dan menu komentar. Jadi, pengguna aplikasi bisa saling berbagi informasi yang sudah ada dan diperbaharui sambil mengingatkan datang ke TPS pada 9 Juli 2014.

“Kami membuat aplikasi ini karena merasa orang seperti kami sulit mendapatkan informasi calon presiden. Kalau pun dapat informasi, kami tak tahu informasi itu benar atau tidak,” kata Genta, perwakilan Ice Barble.

Ice Barble mendapatkan hadiah utama uang tunai sebesar 12 juta rupiah. Tak hanya itu tim asal Bandung ini pun mendapat hadiah tur ke Singapura dan berkunjung ke Kantor Google Singapura. Para mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung ini berharap prestasinya ini bisa bermanfaat bagi pemilih.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Ferry Kurnia Rizkiyansyah berpendapat, kompetisi ini merupakan gambaran pemilu bukan hanya melibatkan komunitas politik, hukum, dan sosial. Ferry yang juga menjadi juri Code for Vote 2.0 mengatakan, sebagai apresiasi dan kebutuhan para pemilih, KPU akan menggunakan aplikasi hasil Code for Vote 2.0 untuk sosialisasi pungut hitung 9 Juli nanti.

Sumber: rumahpemilu.org

Berita Terkait