“Ngarendos” Berhasil Double Award Dalam Kompetisi Digital Creative Indonesia (DCI) 2014-PT. Telkomsel

foto-bersama

Digital Creative Indonesia (DCI) merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Telkomsel dengan mengusung tema “Paling Indonesia”. Tahun 2014 ini merupakan tahun kedua Telkomsel mengadakan kompetisi DCI. Secara umum DCI terdiri dari tiga buah kompetisi, yaitu Artikel Paling Indonesia, Video Paling Indonesia dan Aplikasi Mobile Paling Indonesia.

Kompetisi yang kami (Bakorteam – Rizal Panji Islami dan Okharyadi Saputra, Teknik Informatika 2010) ikuti adalah kompetisi Aplikasi Mobile Paling Indonesia. Dalam kompetisi ini peserta diharuskan menghasilkan sebuah aplikasi mobile (dengan platform Android, IOS, Windows Phone atau BlackBerry) dengan syarat aplikasi tersebut haruslah mengusung tema “Paling Indonesia”. Terdapat beberapa kategori aplikasi yang dapat dibuat oleh peserta, seperti kuliner, pariwisata, sejarah, dan berbagai kategori bernuansa Indonesia lainnya.

 

foto-2

Mekanisme seleksi dimulai dengan pengajuan proposal disertai mock up aplikasi. Ada beberapa penekanan yang disyaratkan oleh panitia lomba yaitu pihak Telkomsel dalam proposal yang diajukan. Aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi ini selain diharapkan mampu untuk memecahkan masalah tertentu atau sebagai suatu sarana dalam melestarikan budaya khas Indonesia, juga diharuskan memiliki sebuah nilai value komersil. Hal ini dikarenakan kompetisi ini juga merupakan seleksi yang dilakukan oleh pihak Telkomsel untuk menyaring developer-developer muda Indonesia untuk diakuisisi dalam program TemanDev yang merupakan program terbaru dari Telkomsel untuk mendukung pengembangan aplikasi khas Indonesia dalam bentuk kontrak kerjasama khusus. Oleh karena itu, diharapkan juga aplikasi yang diikutsertakan tersebut dapat memiliki nilai ekonomi dan prospek untuk dikembangkan lebih jauh.

Pasca proses seleksi proposal, selanjutnya dipilih 15 peserta atau tim untuk mempresentasikan aplikasi mereka dihadapan dewan juri. Dalam presentasi tersebut peserta dituntut untuk menunjukkan background serta manfaat dari aplikasi yang mereka kembangkan, juga untuk mempresentasikan bagaimana aplikasi tersebut dapat dikomersialkan secara lebih lanjut. Selanjutnya, akan dipilih 5 peserta terbaik untuk memperoleh penghargaan dari pihak Telkomsel disertai special engagement berupa kontrak kerjasama khusus dengan pihak Telkomsel terkait aplikasi yang dikembangkan. Selain itu juga terdapat voting aplikasi yang dilakukan secara langsung dalam website untuk menentukan aplikasi terfavorit pilihan publik.

Dalam kompetisi ini, kami mengusung aplikasi dengan nama Ngarendos yang merupakan aplikasi jejaring sosial untuk berbagi resep tradisional khas Indonesia. Dalam aplikasi ini, para pengguna dapat saling berbagi resep tradisional khas Indonesia ataupun melakukan penelusuran terhadap berbagai resep tradisional dengan cara yang unik. Kelebihan aplikasi ini adalah bentuk interaksi dan pengemasannya yang unik. Dalam aplikasi ini pengguna dapat memperoleh resep yang mereka butuhkan dengan menggunakan berbagai metode penelusuran. Pengguna dapat menelusuri dan mencari resep berdasarkan nama resep serta asal wilayah resep tersebut. Selain itu, pengguna juga dapat memperoleh resep yang sesuai dengan cita rasa yang dia sukai, seperti resep dengan cita rasa pedas gurih dan sebagainya. Pengguna aplikasi Ngarendos juga dapat memasukkan bahan makanan yang terdapat di rumahnya untuk selanjutnya aplikasi secara otomatis memberikan saran resep tradisional Indonesia yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan makanan tersebut. Interaksi aplikasi juga dibuat untuk memudahkan pengguna yang mayoritas berada dalam kalangan ibu-ibu rumah tangga. Fitur lain dari aplikasi ini adalah fitur untuk saling berinteraksi dan bertukar tips masakan, fitur untuk memperoleh bantuan dalam memasak, hingga fitur keranjang belanja otomatis.

Aplikasi Ngarendos ini memperoleh double award dalam kompetisi DCI, yaitu sebagai Aplikasi Mobile Paling Indonesia dan juga Aplikasi Mobile Paling Indonesia Terfavorit.

Berita Terkait