Kuliah Tamu Prof. Kyoichi Jim Kijima: Tokyo Institute of Technology Japan

Resize of IMG_7319

Pada hari Kamis tanggal 17 April 2014, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika telah menyelenggarakan kuliah tamu yang menganbil tema : ” Service Science and Smart Planet” dari Prof. Kyoichi Jim Kijima: Tokyo Institute of Technology Japan bertempat di Ruang Multimedia Lt.2 Labtek 8.

Kuliah tamu dibuka terlebih dahulu oleh Ketua Kelompok Keilmuan Teknologi Informasi yaitu Prof. Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum dari Prof. Kyoichi Jim Kijima.

Service Science berkembang sangat cepat saat ini karena global market place telah berubah dimana kebutuhan agricultural, manufacturing, dan services. Kebutuhan sciences dan engineering berkembang dimana ada empat bidang yang penting: strategy, structure, process dan economics.

Service Science merupakan disiplin akademik yang baru yaitu SSME(Service Science, Management, Engineering). Prioritas framework riset untuk Service Science Strategy, development dan execution. Smarter planet adalah harmonisasi smart service system dimana didalamnya harus ada 3 komponen yang saling berkomunikasi yaitu instrumented, interconected, dan intelligent.

 

Resize of IMG_7308

Inovasi yang terus muncul membuat dunia service makin berkembang. Bahkan KAIZEN Thinking pun tidak cukup seduai dengan inovasi dibidang service. Sehingga lahirlah disiplin akademik baru, yaitu Service Science, Management, Engineering. Skill yang diperlukan dalam Service System Thinking adalah T-Shaped (many disciplines/many systems (deep in one disciplines)). Kini sudah ada lebih dari ISO perguruan tinggi di dunia yang mengajarkan SSME dan bahkan memiliki titel.

Berita Terkait