Tim STEI-ITB Berhasil 1st Runner Up pada Asian Programming Contest – Student Chapter – ACM 2014

tiga-kompak

Pada hari Sabtu tanggal 29 Maret 2014 telah dilaksanakan Asian Programming Contest – student chapter – ACM 2014 dimana ITB adalah host utk Indonesia dengan Staf Dosen Teknik Informatika STEI-ITB yaitu Adi Mulyanto, ST., MTĀ  dan Dr. Fazat Nur Azizah, ST. M.Sc. sebagai motornya.

Dalam acara tersebut, tim delapan3gp dari IF STEI-ITB berhasil mendapatkan 1st runner up (dari 450 tim yang ikut kontes). Daftar mahasiswanya yaitu:

– M. Dikra Prasetya (IF 2011)
– Ahmad Zaky (IF 2012)
– Aufar Gilbran (STEI 2013)

Lomba ini diselenggarakan oleh Indian Institute of Technology Delhi dan diikuti oleh peserta dari seluruh daratan Asia. Ini adalah kompetisi programming dengan standard ACM-ICPC (International Collegiate Programming Competition), dimana semua tim ditantang dengan 10 soal dan harus menjawab sebanyak-banyaknya dan secepat mungkin dalam waktu 5 jam.

Hal menarik dari lomba ini adalah lomba ini dilakukan secara online. Semua peserta yang mengikuti lombaharus menyelenggarakan kegaitan di kampus, namun tentu pihak penyelenggara menetapkanketentuan tentang waktu mulai dan waktu berhenti lomba. Di setiap universitas, terdapat dosen yang ditugaskan untuk memonitori setiap peserta untuk mencegah adanya kecurangan atau kerjasama antar peserta lomba.

“Kebanyakan saingan kita dari India. Tim yang jago juga berasal dari IIT Delhi,” ujar Dikra. Total hadiah untuk juara 1,2, dan 3 adalah Rs 90.000. Selain karena hadiah yang menarik, kompetisi ini juga merupakan APC pertama yang telah diadakan. Dalam wawancaranya dengan kantor berita, tim ini bangga telah mengikuti lomba internasional semacam ini dan bias mengharumkan nama ITB di kancah internasional. Mereka berharap akan terus dapat meraih prestasi-prestasi gemilang lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional. “Kami akan terus berusaha sebaik mungkin untuk menjadi juara,” ujar Dikra yang juga Ketua HMIF.

 

Berita Terkait