Tim STEI ITB Juara I di Okinawa Jepang

Selamat kepada Team Sedap Malam,

1

Alhamdulillah untuk kesekian kalinya, Team ITB mendapat juara I, yaitu Smart Info Media (SIS) Award di LSI Contest Okinawa.  SIS adalah salah satu society dari Journal ternama Jepang IEICE (http://www.ieice.org/~sis/). Team ITB (Team Sedap Malam) terdiri dari  Idham Hafizh, Aditya Ferry, Septian Gilang, keseluruhannya adalah peserta kuliah perancangan sistem VLSI di STEI, EL 4040 (Mata Kuliah di KK Elektronika STEI).  Juara I merepresentasikan keunggulan dalam hal Academic Excellence, Industrial Applicable, and New Innovation. Team ITB berhasil merancang prototipe chip yang berjalan secara secara real-time (dapat di demonstariskan).

Pada tahun ini judul rancangan adalah : System on Chip Design (SoC) and Implementation for Noise Cancellation System

Deskripsi rancangan tersebut adalah : Desain sistem penghilang derau pada sinyal suara yang diperkenalkan menggunakan pendekatan hardware-software dan mengimplementasikan beberapa algoritma seperti Spectral Subtraction dan Variable Speech PDF. Keunggulan dari pendekatan tsb adalah fleksibilitas dalam melakukan pengembangan algoritma. Selain itu, digunakan juga strategi komputasi secara hybrid, yaitu memanfaatkan floating point unit untuk menjalankan beberapa operasi aritmatika tertentu, sehingga bisa meningkatkan performa dari software. Desain yg diperkenalkan juga dapat berjalan secara real-time sehingga dapat didemonstrasikan menggunakan FPGA dengan baik.

 

2

Lomba dilakukan Hari Jum’at, 14 Maret 2014 di 50th anniversary memorial hall, dept. Computer Science, University of Ryukyus, Jepang.

Peserta finalis ada 8 tim, dari Jepang, Vietnam dan Indonesia.

Juara :
SIS award (1st) : Sedap Malam dari ITB

Synopsys award (2nd) : SET611-HUST dari Hanoi University of Science and Tech

Sangyo Times award (Best Industrial) : SHOT team dari Chiba University

Berita Terkait