Nuvoton Tech. Corp.(Taiwan) Kerjasama dengan STEI

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung bekerja sama dengan Nuvoton Technology Corporation Taiwan dalam Program Akademik

 

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) menjalin kerjasama dengan Nuvoton Technology Corporation (NTC), Taiwan, perusahaan chip desain, yang tertarik untuk bermitra dalam ‘Program Akademik’. MoU telah dilakukan pada tanggal 16 Januari 2014 . Dalam program ini, Nuvoton memberikan learning board mikrokontroler NuMicro ARM Cortex™-M0 NUC 140, dokumen, fasilitas untuk kelas, praktikum, dan penelitian berbasis mikrokontroler ARM Cortex™-M0. Nuvoton telah menyumbangkan 30 unit learning board mikrokontroler NuMicro ARM Cortex™-M0. Program ini akan memberikan platform program pengajaran berbasis mikroprosesor dan embedded system untuk mahasiswa, dosen, dan professor di STEI ITB. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa tentang teknologi terbaru mikrokontroler 32-bit ARM Cortex™-M0. Diharapkan dalam program ini terjadi transfer informasi dan teknologi antara industri dan akademisi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dan juga menjadi transfer teknologi antara kedua negara, Indonesia dan Taiwan.

 

Dr. Waskita Adijarto, selama bertahun-tahun berperan aktif dalam pengajaran dan aplikasi penelitian terkait mikroprosesor dan embedded system. Beliau merupakan doktor yang menjadi kunci utama dalam merealisasikan Program Akademik Nuvoton di STEI ITB. Program akademik Nuvoton terutama ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam bidang mikrokontroler selama 1 sampai 2 dekade kedepan, juga mungkin memiliki kesempatan memperluas bidang kerjasama untuk riset proyek atau pengembangan perangkat lunak di langkah berikutnya. Program ini dimulai pada tahun 2012 dan Nuvoton akan mengunjungi STEI ITB untuk kedua kalinya pada tanggal 22 Maret 2013 untuk pertemuan dan diskusi dengan mitra program akademik.

 

Nuvoton learning board mikroprosesor NuMicro ARM Cortex™-M0 membantu STEI ITB untuk meng-upgrade mikrokontroler ke level MCU 32-bit, dan juga membantu STEI ITB pada pengembangan aplikasi program penelitian embedded system. Paket learning board mikroprosesor NuMicro ARM Cortex™-M0 juga menyediakan free software development tool, driver, dan contoh source code.

  nuvoton

NuMicro ARM Cortex M0 NUC 140 Learning Board

 Mikroprosesor dalam 20 tahun ke depan, masih banyak digunakan dalam arsitektur utama bidang automasi dan elektronika, dan berharap bahwa melalui program akademik ini dapat membantu mahasiswa STEI ITB untuk mampu mengejar teknologi industri dan standar sinkronisasi industri untuk keahlian individu yang lebih kompetitif.

 

Mikroprosesor ARM Cortex™-M0 32-bit secara signifikan meningkatkan kecepatan komputasi dan kinerja aplikasi, yang umum digunakan dalam elektronik mobil, seperti: audio, kontrol jendela, sistem navigasi, dan sebagainya, melalui internet dan komunikasi elektronik kendaraan, untuk memperluas fungsi system kendaraan yang lebih baik. Program akademik Nuvoton juga ingin menjadikan teknologi ARM Cortex™-M0 sebagai platform terbaru industri embedded system, tidak hanya untuk belajar teori kontrol dasar dan implementasinya, tetapi juga memungkinkan siswa untuk mempelajari alat-alat dasar dan proses produksi yang diperlukan oleh seorang insinyur elektronik, karena konten informasi dan contoh-contoh yang praktis, dapat membantu mahasiswa secara signifikan meningkatkan keahliannya untuk kebutuhan masa depan mereka. Di masa depan, Nuvoton akan terus berupaya mendukung penelitian berbasis mikrokontroler yang dilakukan oleh STEI ITB melalui kerjasama pelatihan dan penelitian lebih lanjut.

http://www.nuvoton.com/

 

Berita Terkait